Tips Membeli Makanan ‘Fat-Free’ [theconversation]

Tips Membeli Makanan ‘Fat-Free’

PinkKorset.com – Bebas lemak bukan berarti sepenuhnya meniadakan lemak dalam menu diet sehat Anda.

Lemak juga diperlukan oleh tubuh. Sebab itulah para pakar menyarankan Anda mengonsumsi lemak sewajarnya dan secara bijaksana.

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat hendak membeli makanan ‘fat-free’, seperti berikut ini.

Baca Label Makanan

Sebelum mengonsumsinya, pastikan produk yang Anda pilih tidak mengandung banyak gula atau pengawet. Juga yang perlu diperhatikan, jumlah kalori yang lebih rendah ketimbang versi regulernya. Periksa pula ukuran sajian.

Perhatikan Apa Yang Anda Makan

Jika sudah mengonsumsi tiga porsi es krim low-fat yang memiliki lemak masing-masing 3 gram dan 250 kalori per sajian, berarti Anda sudah menelan 9 gram lemak dan 750 kalori.

Ini saatnya Anda menyadari, lebih baik mengonsumi seporsi makanan yang tak dikurangi lemaknya (whole-fat food) ketimbang menimbun kalori dan gula tambahan dari versi low-fat.

Sayur, Buah, Biji-Bijian, Buah Kering

Bahan-bahan ini memberi nutrisi dan serat yang memberi perasaan kenyang. Terlebih lagi, bahan-bahan tersebut juga biasanya rendah kalori dan secara alami, rendah lemak.

Baked potato lebih baik ketimbang ‘baked’ potato chips. Kentang utuh memiliki lebih banyak nutrisi, serat, dan rendah kalori. Oatmeal, sayuran, dan buah memiliki serat yang bisa cepat larut dalam pencernaan.

Serat ini membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Intinya, diet Anda harus memiliki berbagai jenis bahan dan berdasarkan pada makanan utuh (whole foods).