Toko Mainan Terkenal Ini Akhirnya Tutup [thenewsfunnel]

Toko Mainan Terkenal Ini Akhirnya Tutup

PinkKorset.com, New York – Toko mainan terkenal di New York City, Amerika Serikat (AS), FAO Schwarz, terpaksa tutup. Mengapa?

Toko mainan ini terkenal sejak tampil dalam film Big (1989) yang diperankan Tom Hanks. Tempat ini terpaksa tutup karena tingginya biaya sewa. Pengunjung pun langsung memadati toko tersebut.

fao-schwarz01

Tokoh serdadu mainan yang biasanya berdiri di depan toko berpose bersama para pengunjung, dua pekan lalu. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa mengambil selfie dengan berbagai boneka mainan.

Lainnya mengantri untuk berfoto bersama terakhir kalinya dengan piano besar, yang mendunia sejak dimainkan Tom Hanks di film tersebut. Rabu (15/7/2015) lalu memang hari terakhir toko ini buka di Fifth Avenue, Manhattan.

“Seumur hidup tinggal di New York, saya tak pernah kemari. Saya harus melihatnya sebelum ditutup,” kata Carmen Thomas dari Brooklyn yang membawa cucunya, Sydney, untuk kunjungan terakhir mereka ke FAO Schwarz.

Pelanggan lain, Lydia, juga mencari mainan untuk cucunya. Ia mengaku ingin menangis saat dengar toko ini hendak ditutup, saat ingat ia suka kemari bersama keponakannya dan melihat mainan kereta listrik selama berjam-jam.

“Empire State Building kan tidak kemana-mana. Mengapa FAO Schwarz harus menyingkir?” katanya, merujuk pada lokasi yang hendak ditutup itu.

Adapun Hugh Davies, sedang sabar menunggu putrinya yang sudah berusia 20-an bermain di piano besar. “Dia agak terlalu tua (untuk bermain piano tersebut), tapi kami harus punya fotonya (sedang bermain),” katanya.

Nampak pula tiga ibu masing-masing mendorong stroller anak mereka, mengantri dengan sabar untuk bermain piano itu. Mereka bernostalgia, mengingat masa kecil ketika menikmati main piano tersebut atau membeli boneka.

Harus diakui, pendapatan mereka tak lagi meroket di jaman digital ini. Generasi muda lebih suka berkutat dengan gadget mereka, bermain aplikasi dan menikmati teknologi layar sentuh.

Padahal, toko ini sudah berusaha keras menjadi bagian merek-merek yang sedang in. Diantaranya mendirikan kios-kios Lego, Jurassic World, dan Marvel.

FAO Schwarz ini buka di NYC sejak 1862, ketika Schwarz bersaudara membuka toko mainan pertama mereka. Sebenarnya cabang ini tidak tutup, hanya mencari venue baru karena harga sewanya melambung tinggi.

Menurut pernyataan resmi yang dirilis Mei lalu, mereka akan mencari di tengah Manhattan. Pemiliknya, Toys R Us, kabarnya sedang melirik tempat di 1633 Broadway, tak jauh dari Times Square.