Yang Berlemak Tapi Bersahabat [google]

Yang Berlemak Tapi Bersahabat

PinkKorset.com – Banyak diantara kita menghindari makanan berlemak karena alasan kesehatan. Tapi makanan-makanan berlemak ini justru baik untuk tubuh.

Tak semua lemak jahat bagi tubuh. Memang lemak trans pada kerak kue, lemak jenuh pada daging olahan akan menambah kalori dan merusak keseimbangan nutrisi tubuh.

Tapi lemak sehat melakukan sebaliknya. Seperti mengendalikan napsu makan, menyehatkan jantung hingga meremajakan kulit. Berikut beberapa makanan berlemak yang menyehatkan.

Daging Sapi Pakan Rumput

Harga daging sapi yang diternakan dengan pakan rumput lebih mahal dengan daging sapi konvensional. Nutrition Journal menemukan bahwa daging yang makan rumput mengandung tinggi asam lemak omega-3, yang dikenal untuk mengurangi risiko penyakit jantung. Daging sapi pakan rumput lebih ramping dan dagingnya sedikit mengandung kalori.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun kaya polifenol pelawan kanker dan lemak tak jenuh tunggal untuk kesehatan hati. Penelitian terbaru menemukan bahwa diet minyak zaitun menghasilkan adiponectin lebih tinggi dibandingkan pada saat diet tinggi karbohidrat maupun diet tinggi protein. Adiponectin adalah hormon yang bertanggung jawab menekan kadar lemak tubuh. Semakin tinggi hormon ini maka indeks massa tubuh semakin menurun. Manfaat minyak zaitun lebih baik ketika tidak dimasak, melainkan hanya dibuat dressing salad.

Kelapa

Kelapa memang tinggi lemak jenuh, tetapi lebih dari setengahnya berasal dari asam laurat. Asam laurat bersifat anti bakteri dan baik untuk mengurangi obesitas abdominal (perut buncit). Anda bisa mencoba konsumsi minyak kelapaa 2 sendok makan setiap hari.

Cokelat Hitam (Dark Chocolate)

Wah, cokelat hitam juga bisa meratakan perut buncit. Cukup konsumsi 3,5 ons cokelat hitam dua jam sebelum makan. Cokelat hitam mengandung kalori lebih rendah 17% dari cokelat susu. Para peneliti mempercayai cokelat hitam mengandung lemak cokelat murni, yakni sumber asam stearat yang melambatkan proses pencernaan.

Almond Butter

Sejumlah peneliti menunjukan almond dapat membantu menurunkan berat badan. Orang yang gemar menyantap almond bisa mendapatkan pinggang yang ramping karena senyawa almond membatasi jumlah lemak yang diserap tubuh.