8 Fitur Andalan Android Nougat

PinkKorset.com – Seri terbaru sistem operasi (OS) mobile dari Google ini dinamakan Android Nougat. Ini delapan hal menarik yang bisa Anda nantikan.

Pemilihan nama Nougat, dibaca nu-gah atau nu-gat, cukup mengejutkan karena banyak yang menyangka Google akan memilih nama Nutella. Kabarnya, edisi terbaru ini akan hadir tiga bulan ke depan. Apa fitur-fitur terbaru yang menjadi andalan seri ketujuh OS Android ini?

User Interface (UI) dan Notifikasi

Hal pertama yang tampak di Android N adalah UI baru, terutama pilihan menu notifikasi. Anda kini bisa langsung mengendalikannya begitu mengusap layar ke bawah untuk menampilkan notifikasi. Aktivasi Wi-Fi dan Bluetooth bisa dilakukan lebih cepat.

Efisiensi notifikasi juga terlihat, menempati porsi layar lebih besar tapi dengan font lebih kecil. Notifikasi akan disaatukan berdasarkan aplikasinya. Juga hadir, fitur quick reply yang mempermudah membalas pesan langsung dari notification tray.

Pindah Cepat dan Banyak Window

Android memang jago dalam hal multitasking dan Nougat akan membuatnya semakin baik. Fitur Quick Switch (pindah cepat) membuat Anda berpindah ke aplikasi sebelumnya dengan mengetuk ganda (double tap) ikon ‘recent app’.

Google akan memperkenalkan fitur multi-window versinya sendiri ke Android N, via menu ‘recent app’. Cukup ketuk dan tahan ikon tersebut saat menggunakan sebuah aplikasi dan Anda bisa memilih aplikasi kedua untuk dibuka di layar yang sama.

Gambar Dalam Gambar

Fitur ini ditujukan khususnya ke pengguna Android TV. Ini seperti menggunakan aplikasi YouTube, mengusap video ke bawah akan mengubahnya jadi window kecil di ujung kanan bawah sehingga bisa mencari video selanjutnya. Fitur semacam ini akan tampil di Nougat. Anda bisa melihat video sambil menggunakan aplikasi lain.

Dukungan application program interface (API) Vulkan

Nougat akan mengadopsi Vulkan, yang berarti perbaikan kualitas game, virtual reality (VR), dan aplikasi grafis lainnya. Vulkan didesain untuk menggantikan OpenGL serta menjanjikan pengembangan game lintas-platform yang lebih mudah. Selain menghemat daya, game di gadget Android akan tampil lebih baik.

Daydream VR

Android N menjadi tempat Google sepenuhnya merilis VR. Ya, teknologi ini tak hanya terbatas pada Google Cardboard. Platform VR milik Google ini dinamakan Daydream dan diselaraskan pada UI Nougat sehingga berjalan lebih mudah dan mulus. Namun, belum diketahui apakah semua gadget bisa mengadopsinya.

Allo dan Duo

Dua aplikasi ini bakal menjadi fitur baru yang paling diperhatikan. Allo adalah aplikasi perpesanan baru milik Android, semacam iMessage pada iOS. Namun, Allo terjalin dengan teknologi pencarian, mesin yang belajar, serta keamanan. Jadi, Anda bisa melakukan pencarian web saat sedang chatting.

Allo juga memiliki mode incognito (penyamaran), yang mengaktifkan enkripsi end-to-end. Selain bisa mengatur pesan untuk expire pada masa tertentu seperti Snapchat. Adapun Duo adalah aplikasi video call mirip FaceTime pada iOS. Duo akan menampilkan preview penelepon sebelum Anda menerimanya.

Spesifikasi ‘Ketat’

Nougat tak hanya mengandalkan fitur baru yang cerdas. Google memperketat komponen inti OS ini hingga menurunkan persyaratan sistem. Hal ini merupakan lanjutan Project Svelte yang diluncurkan bersama Android KitKat (4.4). Nougat diharapkan bisa berjalan lebih cepat meski menggunakan hardware rendah.

Google akan memperbaru fitur Doze yang hadir sejak Marshmallow. Doze mengenali kapan ponsel tak aktif digunakan dan menurunkan penggunaan latar belakangnya. Sehingga, memperpanjang daya baterai saat sedang tidak sibuk. Doze bekerja saat layar mati, bukan setelah ponsel tak digunakan beberapa saat.

Pembuat aplikasi bisa mengurangi penggunaan background power yang dikonsumsi Nougat. Install (pemasangan) aplikasi akan 75% lebih cepat, tapi menekan penggunaan space hingga 50% lebih sedikit. Android N takkan memakan space pada sistem sebanyak yang dilakukan Marshamallow.

Update Lebih Baik

Aplikasi Android sering melakukan pembaruan (update). Ini mengganggu ketika sedang mengerjakan sesuatu, terutama aplikasi yang diperbarui. Di Nougat, Google memperkenalkan Seamless Updates. Ini berarti dua ‘sistem’ bekerja bersamaan. Anda bisa memperbaru aplikasi sambil menggunakannya.