Mengenali Minat dan Bakat Anak [raisingsmallsouls]

Mengenali Minat dan Bakat Anak

PinkKorset.com, Jakarta – Apakah Anda sebagai orangtua sudah tepat mengarahkan minat dan bakat anak?

Orangtua selama ini cenderung menilai kemampuan anak dari sisi pencapaian akademik saja. Padahal, menilai anak hanya dari satu sisi kemampuan, akan memberi tekanan pada anak. Apalagi bila bidang tersebut tidak terlalu dikuasainya.

Psikolog Pendidikan Dr. Lucia RM Royanto MSi, MSpEd mengatakan, memaksakan anak dengan cita-cita yang tak sesuai, menyebabkan mereka tidak dapat menyalurkan minat dan bakat secara maksimal. Selain membuat mereka tidak bahagia.

“Anak harus bahagia supaya menjalani hidup lebih bermakna. Masa depan anak adalah masa depannya, bukan masa depan kita sebagai orangtua,” kata di Jakarta, baru-baru ini.

Berikut delapan minat dan bakat yang bisa dijadikan dasar orangtua dalam mengarahkan anak.

Verbal Linguistic: anak pandai berkata-kata dan dapat distimulasi dengan membuat blog cerita tentang kehidupannya, diajarkan membuat puisi atau diajak menyimak story telling.

Logical Mathematic: anak memiliki kepandaian berhitung. Mereka perlu rangsangan berupa sola hitungan maupun bermain membuat program komputer.

Visual Spatial: anak dengan potensi ini senang dengan gambar, grafis maupun bentuk 3 dimensi.

Bodily Kinesthetic: anak-anak golongan ini menyukai gerak tubuh. Mereka semakin terasah dengan kegiatan olahraga maupun tari.

Interpersonal: ciri-ciri anak interpersonal yakni cepat akrab dengan orang dan suka bertemu banyak orang. Mereka perlu stimulasi dengan kegiatan organisasi maupun kesempatan mengemukakan pendapat di depan umum.

Intrapersonal: karakter ini justru kebalikan dari interpersonal. Mereka pendiam dan tidak suka bertemu banyak orang. membuat jurnal harian, diary dan menuangkan pengakuan dalam tulisan adalah kegiatan yang tepat untuk mereka.

Musical: unsur seni musik sangat melekat pada anak golongan ini. Mereka semakin terlatih dengan kegiatan seperti les alat musik maupun paduan suara.

Naturalistic: anak memiliki minat pada alam dan dapat distimulasi dengan dunia biologi dan kehiatan memelihara binatang.