Pentingnya Usia 7-12 tahun [pintereset]

Pentingnya Usia 7-12 tahun

PinkKorset.com, Jakarta – Selain usia balita, usia 7-12 tahun juga merupakan masa penting bagi anak untuk memaksimalkan potensi dirinya.

Psikolog Pendidikan Dr. Lucia RM Royanto MSi, MSpEd mengatakan, anak usia 7-12 tahun memiliki potensi luar biasa dalam hal kognitif, sosial emosional dan fisik. Pada masa ini, anak semakin terasah dengan stimulasi dan pengaruh lingkungan.

“Kemampuan yang berkembang akan membuka pintu anak untuk mengalami berbagai pengalaman,” katanya saat peluncuran kemasan baru dan karakter Anchor Boneeto A-Venturers di Jakarta, Rabu (13/4/2016).

Menurutnya pengalaman ini akan menjadi dasar yang kuat untuk masa remaja dan dewasa kelak. Oleh karena itu, penting bagi orangtua mengenal potensi anak sebagai acuan dalam mengembangkan pengalaman anak.

 

Hal ini sejalan dengan penelitian Anchor Boneeto berjudul Understanding Indonesian Kids tentang sikap, perilaku, aspirasi, dan figur panutan pada anak sekolah dasar antara usia 7 – 12 tahun di Indonesia.

Penelitian ini mengungkap fakta anak-anak yang cenderung dibesarkan dengan keterbatasan sosial seperti tekanan sosial, keterbatasan bermain di luar, dan semata-mata fokus pada pencapaian akademis sehingga menghambat proses pertumbuhannya.

Tak hanya itu, pola asuh tradisional dan kekhawatiran untuk beradaptasi di dunia modern dapat membatasi keinginan dan kebutuhan anak untuk bereksplorasi. Apalagi  kebiasaan gizi buruk, yang turut membatasi perkembangan fisik mereka.

Membantu anak mengenali minat dan bakat bisa juga melalui karakter superhero. Selaras dengan hal ini, Anchor Boneeto meluncurkan karakter superhero terbaru, A-Venturers. Mereka terdiri atas sang penemu (Sparks), sang penjelajah (Benergy), sang pelindung (Moomexx) dan sang pecinta lingkungan (Carey).

Marketing Director Fonterra Brands Indonesia Isabella Silalahi mengatakan, peluncuran A-venturers merupakan inisiatif Anchor Boneeto membantu anak-anak Indonesia menjadi apa yang mereka inginkan dengan menemukan dan mengembangkan bakat alami.