Mengupas Hidangan Cantik di Medsos [PinkKorset]

Mengupas Hidangan Cantik di Medsos

PinkKorset.com, Jakarta – Sering melihat foto makanan yang dijual online, dengan tampilan menggugah selera?

Ya. Saat ini para pelaku usaha kecil menengah (UKM) banyak yang mengunggah foto makanan ke berbagai media sosial seperti Twitter, Facebook dan Instagram sebagai sarana promosi.

Mereka pun berlomba-lomba membuat foto yang menggambarkan sajian lezat tiada tara.

Food Stylist Vania Samperuru memberikan kiat praktis menata hidangan agar tampil menggiurkan dalam sebuah foto. Menurutnya, ada lima tahap yang perlu diperhatikan ketika menata hidangan untuk difoto, yakni logika dan keseimbangan, konsep, koordinasi warna, properti dan komposisi.

Langkah pertama yakni memastikan alat peraga sesuai dengan makanan. Misalkan memotret kue bolu disertai bahan baku dan peralatan pendukung seperti terigu, telur, gula dan pengocok telur. Anda juga perlu menentukan konsep hidangan untuk menyesuaikan alat peraga yang digunakan.

“Usahakan dalam satu foto ada tiga warna berlawanan atau berdekatan. Selain itu, gunakan properti alat hidang dalam satu merek agar tone warna seragam,” ujarnya dalam workshop food photography dan food styling kepada pelaku UKM melalui forum  kreatif, Story on A Plate di Jakarta, baru-baru ini.

Acara ini menjadi bagian komitmen Fonterra Foodservices dalam mendukung mitra usaha, khususnya UKM, yakni dengan menyediakan bahan berkualitas dan solusi usaha.

Fonterra Foodservice merupakan unit usaha Fonterra Brands Indonesia yang memasok bahan baku berbasis susu seperti susu cair, krim kocok, krim masak, mentega, keju dan keju krim. Perusahaan asal Selandia Baru in mendistribusikan seluruh produknya di seluruh Asia dan Timur Tengah.