Hindari Kebiasaan Perusak Gigi [smileartsny]

Hindari Kebiasaan Perusak Gigi

PinkKorset.com – Merawat gigi tergolong gampang-gampang susah. Meski tak perlu ekstrem, Anda harus melakukannya secara intens.

Termasuk diantara merawat gigi adalah menghindari hal-hal yang bisa merusaknya. Berikut adalah beberapa diantaranya.

Mengunyah Es Batu

Siapa bilang es batu aman-aman saja karena alami dan tak mengandung gula? Es batu bisa membuat gigi retak dan bahkan cuil. Jaringan lembut di dalam gigi juga terganggu, menyebabkan rasa sakit jika dilakukan terus-menerus. Makanan yang terlalu dingin atau terlalu panas memicu rasa sakit berkepanjangan pada gigi. Jika memang suka mengunyah, cobalah permen karet bebas gula.

Botol Dot Bayi

Tak pernah terlalu awal untuk merawat gigi. Susu botol dengan dot untuk si kecil, bisa mengubah bentuk gigi dan bahkan merusaknya. Hal ini bermula dari kebiasaan, Anda membiarkannya tertidur sambil mengisap dot berisi susu. Gigi si kecil akan terendam cairan manis itu semalaman. Jangan heran jika banyak anak kecil membusuk giginya.

Menggertakkan Gigi (Bruxism)

Menggertakkan gigi yang kadang menimpa seseorang di bawah sadarnya atau saat sedang tidur, dikenal sebagai bruksisme (bruxism), lama kelamaan bisa mengikis gigi. Meski belum diketahui secara pasti, faktor psikologi seperti stres dan kebiasaan diduga menjadi penyebabnya. Salah satu solusi termudah jika Anda mengalaminya saat tidur adalah menggunakan pelindung mulut (mouth guard).

Makanan & Minuman Manis

Semua permen mempromosikan gigi busuk, terutama yang lengket di gigi seperti permen kunyah empuk. Sisa tersebut bersifat asam dan menempel di enamel selama berjam-jam. Soda juga menjadi biang kerok. Selain mengandung gula berlebihan, cairan soda bersifat fosforik dan asam sitrat. Diet soda mengurangi gula hanya sedikit, namun sifat asamnya yang merusak gigi tak hilang. Minuman berwarna seperti teh dan kopi juga berkontribusi pada perubahan warna gigi, jika dikonsumsi berlebihan.

Membuka Sesuatu dengan Gigi

Solusi antiribet bagi Anda yang malas mencari alat tepat ini dibenci para dokter gigi. Selain retak, gigi Anda berpotensi cuil. Simpan gunting atau pembuka botol di berbagai tempat di penjuru rumah. Intinya, gigi hanya untuk mencabik dan mengunyah makanan. Gigi bukan gunting atau pembuka botol.

Merokok

Semua produk tembakau akan menodai gigi dan menyebabkannya cepat tanggal karena gusi pun menjadi tak sehat. Belum lagi berpotensi menyebabkan kanker pada mulut, bibir, dan lidah. Butuh satu lagi alasan untuk berhenti merokok? Pikirkan senyuman manis Anda.

Makan Berlebihan

Mulai dari makanan manis hingga snack, makan berlebihan bisa merusak gigi. Mulut terus memproses makanan sementara saliva (ludah) yang dihasilkan lebih sedikit ketimbang saat makan besar. Sehingga, makanan lengket di mulut hingga berjam-jam tanpa Anda sadari. Jika Anda mengidap kelainan makan (eating disorder) seperti bulimia, segera minta bantuan. Memuntahkan makanan bersama asam dari dalam perut akan mengikis gigi.