Ini Kriteria Pekerja yang Diburu Perusahaan [thebusinesswomanmedia]

Ini Kriteria Pekerja yang Diburu Perusahaan

PinkKorset.com, Jakarta – Persaingan di dunia profesional semakin berat. Perusahaan makin selektif memilih karyawan baru. Kriteria apa yang sebenarnya mereka cari?

Mahasiswa yang baru lulus dan mencari pekerjaan semakin banyak. Padahal, perusahaan butuh berkembang dan mempekerjakan profesional demi kemajuan usaha mereka.

Ini sebabnya terjadi dilema ketika hendak mempekerjakan fresh graduate, karena mereka masih minim pengalaman. Sebuah studi di Indonesia pernah mengungkapkan, 3 dari 10 perusahaan sulit mencari pekerja.

“Tak ada kompromi untuk perekrutan. Kualitas jadi hal utama yang dibutuhkan perusahaan,” tutur Concultant Director Willis Tower Watson Indonesia Lilis Halim, beberapa waktu lalu.

Profil yang dibutuhkan telah berubah karena pasar dan persaingan terus berkembang. Terdapat beberapa kualifikasi khusus yang menjadi pakem perusahaan saat merekrut karyawan.

Perekrut mencari pegawai yang bisa multitasking dan memiliki time management baik. Kemampuan berbicara dalam lebih dari satu bahasa juga penting, guna menghadapi tantangan global.

Mereka juga harus mampu berbisnis digital dan bekerja secara nyata. Memiliki pemikiran yang cerdas dan bisa berpikir dalam multi-skenario. Tangkas memecahkan masalah serta bisa berinovasi dalam penciptaan produk baru.

Kemampuan komunikasi juga jadi perhatian perusahaan. Kecakapan melakukan brainstorming dengan rekan kerja serta dapat menjaga hubungan baik pada klein diperlukan untuk kelanggengan bisnis di masa depan.

Sudahkah Anda memiliki berbagai kualifikasi tersebut?