Jakarta Gunakan Penerangan Jalan Terkoneksi [Andhika Ramdhan]

Jakarta Gunakan Penerangan Jalan Terkoneksi

PinkKorset.com, Jakarta – Jakarta memulai sistem penerangan jalan dengan pencahyaaan terkoneksi hemat energi.

Sebanyak 90 ribu lampu jalan hemat energi dipasang di Jakarta. Lampu ini bukan lampu biasa. Melainkan lampu jalan LED yang terkoneksi dengan sistem manajemen pencahayaan Philips CityTouch.

Ini berarti, data-data terkait kinerja dari lampu tersebut bisa langsung dikirim melalui jaringan seluler ke pengelola atau Dinas Perindustrian dan Energi.

Melalui data tersebut petugas lebuh mudah memantau infrastruktur penerangan jalan secara efisien dan mengontrol tingkat pencahayaannya dari jarak jauh, untuk disesuaikan dengan kebutuhan.

Misalnya pada malam hari ketika jumlah kendaraan berkurang, petugas bisa meredupkan cahayanya hingga 50 persen.

Chandra Vaidyanathan, Presiden Direktur PT Philips Indonesia mengatakan, sejak diluncurkan pada 2012, sistem penerangan jalan Philips CityTouch telah diimplementasikan pada lebih dari 700 proyek di 35 negara.

”Pemerintah di seluruh dunia memprioritaskan penurunan penggunaan karbon dengan meningkatkan penerangan jalan umum melalui penggunaan pencahyaaan terkoneksi hemat energi kami,” katanya di The Hall Senayan City, Jakarta, Kamis (17/11/2016).

Acara peresmian ini juga dihadiri oleh Head of Marketing Phillips, Sau Hong Lim juga Kepala Dinas Komunikasi dan Kehumasan provinsi DKI Jakarta, Eka Sukowati dan juga Head of Jakarta Smart City, Setiadji.

Philips sendiri juga menggelar pameran bertajuk Philips Lighting Week di Senayan City, Jakarta, pada 17 hingga 20 November 2016.

Di pameran ini, pengunjung dapat melihat berbagai aplikasi pencahayaan LED terintegrasi yang inovatif untuk kota pintar, rumah pintar, dan gedung pintar. Khusus untuk konsep rumah pintar, Phillips Lighting bekerjasama dengan Cosmas Gozali, seorang arsitek dan desainer interior bertaraf internasional untuk menampilkan simulasi rumah menggunakan Philips HUE.

Philips HUE sendiri merupakan lampu pintar yang bisa digunakan untuk mewarnai dinding dengan pilihan 16 juta warna, sinkronisasi lampu dengan lagu maupun film favorit, dan masih banyak lagi. Philips HuE sendiri segera masuk tahap pre-order melalui Lazada.co.id pada 12 hingga 19 Desember 2016 mendatang.