Kecerdasan Ini Paling Penting Bagi Anak [handinhandparenting]

Kecerdasan Ini Paling Penting Bagi Anak

PinkKorset.com, Jakarta – Mengenali minat dan bakat anak sejak dini membantu mencerahkan masa depannya.

Seperti diketahui, ada delapan Tipe Kecerdasan Majemuk yang dimiliki seorang anak. Seperti kecerdasan bahasa, logika/matematika, musikal, spasial, kinestetik/jasmani, naturalis, interpersonal dan intrapersonal.

Anak biasanya menonjol di satu atau dua kecerdasan tertentu, namun lemah di kecerdasan lain. Hal ini harus dipahami orangtua sebagai hal yang wajar.

Lalu, bagaimana mengetahui minat dan bakat anak sejak awal?

Psikolog Anak Ajeng Raviando, Psi mengatakan, kecerdasan intrapersonal paling penting dalam mengungkap minat dan bakat dalam diri anak, karena kecerdasan yang satu ini mengasah kemampuan anak memahami dirinya sendiri.

“Kalau anak sudah memahami dirinya, akan memudahkan orangtua mengembangkan potensi anak,” katanya di acara Nutrilon Royal One Step Ahead Mum di Jakarta, Kamis (12/5/2016).

Menurutnya, kecerdasan intrapersonal dapat dikembangkan dengan mengasah kepekaan empati anak. Misalkan orangtua senantiasa memotivasi anak bekerjasama, mendorong anak berbagi rasa dengan temannya dan melatih anak saling menjaga komunikasi.

Mengembangkan kecerdasan intrapersonal anak, tidak hanya bermanfaat bagi sang buah hari. Namun juga menggugah para orangtua mengedepankan pola positive parenting, yakni orangtua memberikan kesempatan kepada anak untuk berbicara apa yang mereka harapkan.

“Disini orangtua belajar mendengar keinginan anak dan memberikan kesempatan anak berekspresi,” katanya lagi.

Ajeng menambahkan, pada dasarnya setiap anak itu cerdas, tinggal bagaimana orangtua, guru dan masyarakat mengenali, menghargai dan mengembangkan minat serta potensi anak secara alami. Bila orangtua ingin mengetahui lebih detil tentang potensi anak, ada baiknya berkonsultasi dengan psikolog anak.

nutrilon