6 Langkah Mudah Mengamankan Ponsel [money.usnews]

6 Langkah Mudah Mengamankan Ponsel

PinkKorset.com – Gadget yang selalu menempel pada tubuh Anda ini memiliki banyak data pribadi yang penting. Apa yang harus dilakukan jika tiba-tiba hilang atau dicuri?

Akses ke akun-akun online Anda berada di dalam ponsel tersebut. Belum lagi jika Anda menggunakannya untuk bekerja. Pencurian identitas menjadi kekhawatiran terbesar. Bahkan jika si pencuri bergerak cepat, uang Anda pun terkuras.

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kepanikan setelah gadget kesayangan menghilang. Berikut diantaranya.

Asuransi

Tanyakan pada agen asuransi Anda, apakah perusahaannya menawarkan asuransi semacam ini. Tak ada salahnya mengeluarkan sejumlah dana setiap bulan, jika Anda memang tak keberatan. Pihak asuransi akan mengganti ponsel Anda jika dicuri, rusak, atau hilang.

Lapor Pihak Berwajib

Kadang, si pencuri tidak benar-benar menginginkan ponsel Anda. Mereka mau menjualnya. Melaporkan kehilangan ke polisi memang tak menjamin barang tersebut kembali. Tetapi pihak berwajib memiliki informasi tambahan untuk mengurangi jumlah tindak kriminal semacam ini dan menangkap pelakunya.

Catat Nomor Seri

Pernah mencatat nomor seri (IMEI) ponsel Anda? Jika belum, lakukan sekarang. Hal ini akan berguna saat Anda perlu melakukan recover ponsel.

Backup Teratur

Lakukan backup data seperti kontak, file, hingga foto ke tempat penyimpanan lainnya. Anda bisa menggunakan sistem penyimpanan di komputasi awan jika merasa layanan tersebut aman. Bisa pula memindahkan secara manual ke komputer pribadi.

Temukan dan Kunci Ponsel dari Jauh

Google bisa membantu Anda melakukan hal ini, terutama jika menggunakan sistem operasi Android. Google akan memberitahu lokasi ponsel dan menguncinya. Gadget Apple dengan sistem operasi iOS juga tak ketinggalan. Pelajari hal ini sesuai ponsel Anda dan aktifkan layanan tersebut.

Enkripsi

Kunci ponsel dengan password atau passkey. Pastikan akun-akun pribadi Anda terkunci dengan aplikasi yang membutuhkan tambahan password. Jangan pernah tinggalkan akun yang berhubungan dengan uang seperti PayPal, eBay, dan lainnya terbuka jika sedang tak digunakan.

Ada beberapa langkah keamanan lainnya sebagai tindakan antisipatif mencegah pencurian. Seperti membiarkan ponsel berada di dalam mobil yang tidak terkunci, meletakkannya di meja makan restoran saat Anda berbincang dengan orang lain, hingga mencari barang di tengah jalan.