Tren Nonton Film dalam Genggaman [techradar]

Tren Nonton Film dalam Genggaman

PinkKorset.com, Jakarta – Bila puluhan tahun lalu film hanya ditayangkan di bioskop dan televisi, kini Anda dapat leluasa menonton melalui gawai.

Perkembangan dunia telekomunikasi dan digital begiitu cepat. Beragam konten media pun bermigrasi ke dalam bentuk digital. Akses komunikasi semakin cepat menggunakan internet. Alhasil perpaduan keduanya memberikan kemudahan mengakses berbagai konten media dalam internet.

Fenomena ini turut mengubah cara menonton film konvensional (televisi dan bioskop). Sekarang menonton film dapat dilakukan melalui gawai (smartphone dan komputer tablet) melalui jaringan internet. Untuk mengakses layanan video over the top (OTT) ini dikenakan biaya atau dikenal dengan istilah video on demand (VOD). Platform ini dapat diakses melalui website maupun diperoleh lewat App Store dan Google Play.

Akhir-akhir ini platform video OTT bermunculan di Indonesia, salah satunya yakni Viu dari Vuclip Hong Kong. Platform yang masuk di Indonesia sejak 2016 ini menyuguhkan beragam konten film dari 15 negara, di antaranya Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand, Taiwan, Hong Kong, Korea dan negara-negara Timur Tengah.

“Kami juga membuat film berseri dengan konsep dan format seperti film layar lebar di Indonesia,” ucap Head of Marketing and Ad Sales Viu Indonesia Myra Suraryo di sela-sela syuting film Sunshine di Jakarta, Rabu (7/3/2018).

Tren Nonton Film dalam Genggaman

Dua seri original Viu Indonesia, Switch dan The Publicist sukses meraup jutaan penonton dari berbagai negara, di antaranya Malaysia, Singapura tujuh negara Timur Tengah dan Hong Kong.

Menurut Myra jumlah penonton ini juga disumbang dari penonton di Indonesia. Negara ini juga termasuk emerging market dengan target konsumen generasi millennial (Y) dan Z.

“Alhamdulillah Viu Indonesia leading di antara Viu di negara-negara lainnya. Setahun belakangan ini kami juga sudah capai break event point,” sambungnya.

Menyusul kesuksesan film-film sebelumnya, Viu Indonesia memproduksi seri terbaru, Sunshine sebanyak 13 episode. Film drama romantis ini mengisahkan kisah ayah yang sukses dengan balutan cerita asmara yang unik. Sunshine diperankan Dion Wiyoko, Rianti Cartwright, Jill Gladys, Laura Basuki dan Sheila Dara.

“Di masa depan dunia, nonton di genggaman masing-masing. jadi sudah tidak ada lagi nonton berjamaah,” pungkasnya.