Puasa Lancar Bagi Gigi Sensitif [mynahcare]

Puasa Lancar Bagi Gigi Sensitif

PinkKorset.com, Jakarta – Selama berpuasa, kondisi gigi cenderung lebih sensitif. Lalu, apa yang harus dilakukan agar puasa lancar?

Selama berpuasa, produksi air liur berkurang sehingga menurunkan perlindungan gigi. Akibatnya, gigi yang sensitif akan semakin sensitif.

Pakar Kesehatan Gigi dan Mulut drg. Sabai Asmaraghrya mengatakan, orang dengan gigi sensitif perlu menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan menyikat gigi dengan benar, agar gusi tidak turun dan tidak merusak email gigi.

“Menipisnya lapisan email menyebabkan dentin terbuka sehingga tabung-tabung kecil yang terhubung saraf lebih sensitif,” katanya di Jakarta, Selasa (14/6/2016).

Ia pun menyarankan untuk menghindari makanan maupun minuman yang bersifat korosif, seperti makanan maupun minuman asam dan bersoda. Terutama saat berpuasa. “Sebaiknya perbanyak minum air putih, konsumsi buah dan sayur untuk merangsang produksi air liur,” pungkasnya.

sensodyneSementara Brand Activation Manager GSK Oral Health Care Dwitya Pramesi mengatakan, selain memerlukan sikat dan pasta gigi khusus, mereka dengan gigi sensitif juga membutuhkan obat kumur khusus. “Obat kumur digunakan dua kali sehari sebelum tidur dan setelah sahur,” katanya lagi.

Sensodyne memperkenalkan Sensodyne Mouthwash yang mengandung potassium nitrate untuk melindungi gigi sensitif selama 24 jam.

Tersedia dalam varian Cool Mint dan Extra Fresh dengan kemasan 500 ml serta 250 ml, obat kumur ini tidak mengandung alkohol, mengandung fluoride sebagai pencegah gigi berlubang dan berteknologi NovaSense Deep Clean untuk memberikan sensasi hangat serta dingin di dalam mulut agar terasa segar.