Mengenal Caroline Herschel [google]

Mengenal Caroline Herschel

PinkKorset.com – Pada Rabu (16/3), Google memilih Caroline Herschel untuk ditampilkan dalam doodle. Siapakah ia?

Caroline adalah perempuan pertama yang menemukan komet.

Caroline Herschel lahir pada 16 Maret 1750 di Hanover, Jerman. Ayahnya Isaac Herschel, musisi berbakat, mendorong keenam anaknya untuk mahir dalam matematika, Bahasa Perancis dan musik.

Meski Ibu Caroline tidak melihat pentingnya pendidikan bagi seorang perempuan dan lebih suka melihat Caroline merapikan rumah.

Di usia 10 tahun, Caroline terserang tipus, penyakit yang secara permanen menghambat pertumbuhannya. Orangtuanya pun menyimpulkan bahwa Caroline tidak akan pernah menikah.

caroline-herscheljpg

Pada usia 22 tahun, Caroline diajak kakaknya, William, untuk tinggal bersamanya di Bath, Inggris. Di sana, ia dilatih vokal sehingga menjadi soprano terkenal.

Namun, ketika William, yang semula berprofesi sebagai musisi dan konduktor, mulai menekuni hobinya di bidang astronomi, Caroline pun ikut membantu membuat teleskop. Bahkan Ia mengembangkan pendekatan matematika modern untuk astronomi.

Pada 1783, Caroline menemukan tiga nebula baru (awan berkabut di mana bintang terbentuk). Antara 1786 dan 1797 ia menemukan delapan komet. Beberapa tahun kemudian, Caroline membukukan setiap penemuan mereka.

Dua dari katalog astronomi yang diterbitkan Caroline Herschel masih digunakan hingga sekarang.

Pada usianya yang ke-96, ia dianugerahi King of Prussia ‘s Gold Medal of Science untuk prestasi seumur hidupnya.