Vitamin Khusus Neuropati [breakingmuscle]

Vitamin Khusus Neuropati

PinkKorset.com, Jakarta – Gejala neuropati bisa dicegah dan diperbaiki dengan asupan vitamin neurotropik. 

Neuropati adalah gangguan saraf yang menyebabkan nyeri, mati rasa, kesemutan, pembengkakan, atau kelemahan otot pada bagian tubuh yang berbeda.

Selain istirahat cukup, konsumsi gizi seimbang dan olah raga teratur, neuropati dapat dicegah dengan vitamin neurotropik, yakni vitamin B1, B6 dan B12.

Vitamin neurotropik  diperlukan untuk menjaga sistem saraf. Selain juga terlibat dalam metabolisme energi sel untuk mengatasi kelelahan dan membantu masa penyembuhan penyakit.

Menurut riset Department of Endocrinology and Metabolism, Services Hospital Lahore Dr. Amna Rizvi, mengonsumsi vitamin neurotropik selama 4 pekan membawa perbaikan gejala neuropati 87,4%, dengan penurunan skala nyeri lebih dari 2 poin.

Penelitian yang dilakukan pada 2013 tersebut bertajuk Efficacy of Combination of Vitamin B1, B6 and B12 in Management of Diabetic Peripheral Neuropathy.

Ketua Kelompok Studi Neurofisiologi dan Saraf Tepi Perhimpunan Dokter Spesialis Saraf Indonesia (PERDOSSI) Pusat, dr. Manfaluthy Hakim, Sp.S(K) mengatakan, tubuh memerlukan kecukupan dari ketiga vitamin ini. Tetapi seringkali terjadi kekurangan (defisiensi).

“Umumnya defisiensi terjadi bukan kekurangan makanan tetapi pola diet yang salah,” katanya di Jakarta, baru-baru ini.

Vitamin B1, B6 dan B12 banyak terkandung dalam bahan makanan seperti kacang-kacangan, gandum, padi-padian, kuning telur, daging, susu, ikan, hati dan keju. Kekurangan ketiga vitamin B akibat pola diet terjadi ketika mengurangi terlalu banyak lemak dan protein.

Hal ini biasanya terjadi pada vegetarian karena kekurangan vitamin B12. “Vitamin B12 hanya terkandung di makanan hewani. Vegetarian butuh suplemen vitamin ini,” pungkasnya.

Selain itu, kebutuhan vitamin B dipengaruhi kebutuhan kalori, ukuran tubuh, usia, penyakit sistemik kronik, kehamilan dan laktasi.