8 Makanan Ini Sehatkan Liver [nutrientjournal]

8 Makanan Ini Sehatkan Liver

PinkKorset.com – Salah satu organ tubuh penting ini perlu Anda jaga kesehatannya dengan beragam makanan sehat ini.

Liver atau hati menjadi salah satu organ penting karena banyak berperan melindungki tubuh. misalnya saja berfungsi untuk menetralisir racun, mengatur sirkulasi hormon, memproduksi cairan empedu untuk mencerna lemak dan mengatur komposisi darah yang mengandung lemak, gula serta protein.

Anda perlu menjaga kesehatan organ ini agar dapat bekerja maksimal. Salah satunya yakni mengonsumsi makanan sehat untuk liver.

Apa saja?

1. Sayuran hijau tua

Beragam sayuran berwarna hijau gelap seperti kale, kubis brussels dan daun kubis mengandung unsur belerang tinggi yang mendukung detoksifikasi liver dan menangkal radikal bebas serta paparan racun kimia. Salah satu komponen sayuran ini, taraxin dapat merangsang organ pencernaan, memicu liver dan kantong empedu memproduksi dan mengeluarkan lebih banyak cairan empedu untuk mencerna serta menyerap lemak.

2. Sayuran kubis-kubisan (crusciferous vegetables)

Beragam sayuran jenis kol seperti bunga kol, kubis, brokoli dan bok choy mengandung phytonutrient seperti flavonoid, karotenoid, sulforaphane dan indoles. Semua komponen ini membantu liver menetralisir kimia, pestisida, obat-obatan dan zat pemicu kanker (karsinogenik).

3. Sayuran laut

Aneka jenis tanaman laut seperti jenis brow algae yang meliputi arame, kombu dan wakame dapat mengurangi penyerapan partikel radioaktif ke dalam tulang. sayuran laut juga mencegah penyerapan logam berat, kadmium dan racun lainnya.

4. Kecambah, kacang, polong dan biji-bijian

Seluruh golongan bahan makanan ini mengandung enzim dan protein tinggi yang berguna sebagai katalisasi seluruh fungsi tubuh. bahkan kecambah brokoli mengandung sulforaphane sebagai pencegah alami kanker.

5. Makanan kaya sulfur

Salah satu jenis makanan ini yakni bawang putih. Bawang ini mengandung komponen sulfur aktif, allicin yang membantu detoksifikasi liver. Sehingga liver lebih kuat menyingkirkan merkuri, kimia bahan tambahan makanan dan estrogen. Sementara bawang bombai, bawnag merah dan daun bawang mengandung komponen sulfur yang membantu liver memproduksi glutathione untuk menetralisir radikal bebas. Ada pula makanan kaya sulfur lainnya, seperti telur ayam, artichokes dan jamur obat.

6. Buah kaya fenolik

Apel dan aneka buah beri seperti blueberry, strawberry serta raspberry mengandung komponen fenolik, termasuk flavonoid yang menangkal beragam penyakit peradangan. Buah-buahan ini juga mengandung pektin, jenis serat larut yang membantu mengurangi penumpukan racun.

7. Makanan prebiotik

Konsumsi bahan makanan sumber prebiotik seperti asparagus, daun bawang, sayuran jenis kubis dan sayuran akar (bit, burdock, chicory dan dandelion) dapat menjaga keberlangsungan mikroorganisme baik dalam tubuh.

8. Makanan berlemak baik

Makanan mengandung asam lemak omega 3 dan omega 6 membantu meredakan inflamasi sekaligus menurunkan kadar lemak berbahaya. Beberapa bahan makanan ini adalah biji seed, biji chia, biji flax, avokad, minyak zaitun dan minyak kelapa.

Sedangkan jenis bahan makanan lain yang bermanfaat untuk liver yakni, jahe, jintan, ketumbar, kapulaga, cayenne, kayumanis, kunyit dan adas.