Sehat dan Produktif Meski Lansia [accurateins]

Sehat dan Produktif Meski Lansia

PinkKorset.com, Jakarta – Lansia sehat bukan sekadar gen yang baik. Tetapi juga dipengaruhi gaya hidup sehat.

Umur panjang pun dipengaruhi gen yang bagus. Sehingga mereka dapat hidup hingga seratus tahun dan bahkan lebih. Sementara gen kurang baik memiliki bakat penyakit tidak menular (diabetes mellitus, osteoporosis, osteoartritis, pikun, serangan jantung, gangguan ginjal, dan lainnya) yang menurunkan produktivitas saat lansia.

Dokter spesialis geriatric RSCM Prof. Dr. dr. Siti Setiati, SpPD-Kger, M.Epid, FINASIM menjelaskan, kendala tersebut dapat dikelola dengan prinsip gaya hidup yang baik, makan yang sehat dan berolahraga karena penyakit tidak menular banyak dipengaruhi lingkungan.

“Jadi, kalaupun ada bakat turunan penyakit tetapi tidak muncul pada usia pertengahan,” katanya di Jakarta beberapa waktu lalu.

Sementara itu, R. Wibowo Wirjodiprodjo, ayah selebritas Ari Wibowo dan Ira Wibowo membeberkan rahasia sehat dan produktif. Kendati telah menginjak usia 88 tahun, ia mampu berdiri tegak dan berjalan tanpa alat bantu serta berkomunikasi dengan lancar.

Sehat dan Produktif Meski Lansia

“Rahasia saya adalah 5S, sabar, syukur, sport, santai dan spiritual,” ucapnya.

Setiap hari ia berjalan-jalan selama 30-45 menit dan olahraga. Bila tidak sempat melakukannya, ia kerap berbelanja sendiri. Mulai pukul 06.00 WIB, Wibowo belanja ke pasar. Rutinitas ini membuat dirinya dikenal semua pedagang di pasar. Inilah yang membuat dirinya bangga dan tidak malas serta memanfaatkan waktu agar sibuk.

“Yang penting jangan sampai merasa kesepian,” ucapnya.

Ia pun mengimbangi kegiatannya dengan asupan makanan sehat. Sebelum makan utama selalu diawali dengan menyantap sayur. Laki-laki berkacamata ini juga menyukai sajian ikan.

Berkat gaya hidupnya ini, Wibowo tetap aktif berkumpul dengan berbagai paguyuban untuk sekadar berkumpul, berdansa dan bernyanyi bersama. Bahkan ia masih mampu menyetir mobil mengantarkan istri yang telah mengalami osteoporosis ke rumah sakit sekali sepekan.