Apakah DVD Jadi Barang Usang?

PinkKorset.com – Di era digital, sistem hiburan fisik seperti DVD perlahan ditinggalkan. Apakah DVD sudah tergolong barang usang?

Pada Juni 2014, firma PricewaterhouseCoopers LLC (PwC) mengeluarkan laporan perkiraan bahwa pada 2018 pendapatan layanan video seperti streaming dan video-on-demand akan melebihi seluruh pemasukan penjualan dan sewa DVD dan Blu-ray.

Laporan ini memprediksikan home video fisik akan menjadi satu-satunya segmen hiburan yang akan mengalami penurunan pada periode 2014-2018. Sementara pendapatan bioskop dan layanan streaming akan melonjak.

Hal ini sebenarnya tak begitu mengejutkan karena teknologi baru akan selalu menggantikan yang lama. Anda pun mungkin mengalami jaman video VHS beralih ke DVD hingga benar-benar jadi barang usang di era millenium.

Namun ada perbedaan antara VHS dan DVD. Dari sisi daya tahan, DVD lebih kuat dan tidak makan banyak tempat. Selain harganya kini lebih terjangkau, Anda tak perlu pusing dengan koneksi internet yang masih mahal untuk menikmati film.

“Lagipula, konsumen streaming tak benar-benar memiliki hak atas film yang mereka bayar untuk saksikan,” kata Matt Lynch dari Scarecrow Video di Seattle, AS.

Ketika Anda membeli salinan digital atas sesuatu, secara teknis pemegang hak atau dalam hal ini studio film bisa menangguhkan izin Anda kapan saja. Streaming memang bagus, kata Lynch, tapi hak Anda akan terbatas karena sengketa hak.