Menguak Prekuel Alien Lebih Dalam

PinkKorset.com – Sekuel untuk seri Alien, Prometheus (2012), digali lebih dalam lewat sekuelnya ini. Apa yang hendak diungkap kali ini?

Alien: Covenant bersetting 10 tahun dari Prometheus. Covenant adalah sebuah pesawat dengan misi membawa dua ribu koloni untuk ditempatkan di planet baru Origae-6 yang terletak di ujung galaksi.

Perjalanan terganggu karena badai kosmik membangunkan para awak dari tidur panjang (cyrosleep). Dalam proses itu, Kapten Jacob Branson (James Franco) tewas karena tak bisa keluar dari kapsulnya.

Christopher Oram (Billy Crudup) pun menggantikan posisinya dari harus mengambil keputusan cepat mengenai nasib Covenant. Kru menangkap sinyal acak dari planet asing terdekat yang ternyata sebuah lagu dan memutuskan menyelidikinya.

Kondisi planet itu ternyat tak jauh beda dari Origae-6 yang lebih jauh. Istri Kapten Branson, Daniels (Katherine Waterson) menilai, planet itu belum tentu layak huni. Apalagi, Origae-6 sudah dianalisa dan diteliti dalam waktu lama.

Kapten Oram tetap merasa sebaliknya dan membawa kru mendarat. Secara fisik, planet asing ini mirip Planet Bumi, tapi tak ada satupun makhluk hidup. Di tempat itulah mereka menemukan puing-puing pesawat Prometheus.

Apakah nasib serupa akan menimpa mereka?

Sekuel ini memang tak menyajikan hal baru. Namun dalam Prometheus kita disuguhi tentang asal muasal penciptaan alien. Sedangkan Covenant lebih ke kolonisasi manusia. Karakter David yang muncul di kedua film perlahan terungkap.

Sutradara Ridley Scott memang jagoan fiksi sains yang mampu menghadirkan detil luar biasa. Hanya Scott yang bisa mengingat ia yang mengawali saga film makhluk asing ini lewat Alien (1979).

Alien: Covenant

Sutradara: Ridley Scott

Produser: Ridley Scott, Mark Huffam, Michael Schaefer, David Giler, Walter Hill

Skenario: John Logan, Dante Harper

Pemeran: Michael Fassbender, Katherine Waterston, Billy Crudup, Danny McBride, Carmen Ejogo, Demian Bichir

Produksi: 20th Century Fox, Scott Free Productions

Distribusi: 20th Century Fox