Manfaat Antioksidan Buah Beri [healthylives]

Manfaat Antioksidan Buah Beri

PinkKorset.com, Jakarta – Buah beri seperti blueberry, mulberry, blackberry dan acai berry tergolong makanan super (super fruits) karena mengandung antioksidan tinggi.

Golongan buah beri termasuk kategori buah dengan aktivitas antioksidan yang kuat. Misalnya saja acai berry yang menjadi salah satu makanan dengan kapasitas antioksidan, oxidation radical absoption capacity (ORAC) tertinggi di dunia.

Antioksidan paling menonjol dalam acai berry adalah antosianin. Senyawa ini sangat baik menjaga kesehatan jantung, menjaga kadar kolesterol dan mencegah pembentukan plak dalam pembuluh darah.

Buah ini juga mengandung serat untuk menjaga kesehatan saluran cerna. Acai berry mengandung asam lemak esensial seperti pada minyak zaitun. Selain itu, kandungan asam amino acai berry membantu meningkatkan stamina. Bahkan diperkaya nutrisi mikro seperti Vitamin C, A, B1, B2, B3, E dan mineral kalsium, magnesium, seng serta tembaga.

Begitu pula kandungan antioksidan blueberry. Buah ini mengandung pigmen ungu, antosianin, termasuk turunannya seperti  malvidins, delphinidins, pelargonidins, cyanidins dan peonidins.

Lain lagi dengan mulberry. Buah seperti blackberry dengan bentuk memanjang ini mengandung beraneka jenis antioksidan. Selain antosianin, terkandung pula resveratrol dan zeaxanthin. Resveratrol mencegah risiko stroke dengan mengurangi aktivitas hormon sistemik pemicu penyempitan pembuluh darah, angiotensin. Sementara zeaxanthin menjaga kesehatan retina mata dari bahaya ultraviolet.

Buah beri lainnya yakni blackberry. Kandungan antioksidan dalam buah ini mencakup antosianin, betakaroten, katekin, flavonol quercetin, kaempfreol, lutein, zeaxanthin, beta cryptoxanthin dan alpha-cryptoxanthin.

Menurut konsultan kesehatan sekaligus praktisi medis dr. Elvin Erick Gultom, paparan radikal bebas pada tubuh manusia memicu penuaan dini dan berbagai penyakit tidak menular seperti penyakit jantung koroner, ginjal hingga kanker.

Ia menambahkan, bila radikal bebas mengikat suatu sel sehat maka sel tersebut mengalami perubahan struktur, DNA dan berpotensi menjadi sel mutan.

“Sel mutan inilah cikal bakal terjadinya sel kanker,” katanya dalam keterangan pers di Jakarta baru-baru ini.

Oleh karena itu tubuh membutuhkan antioksidan untuk melawan radikal bebas. Sehingga berbagai risiko penyakit tersebut dapat ditekan. Asupan antioksidan bersumber dari buah beri sangat baik melawan radikal bebas.

Manfaat Antioksidan Buah Beri

Kendati golongan buah beri mengandung tinggi antioksidan, tetapi tidak mudah ditemukan dalam bentuk segar. Terlebih buah impor ini cenderung mahal.

PT LiveWell Global menyiasati masalah ini dengan menghadirkan minuman penunjang kesehatan, Element +. Minuman berupa serbuk ini mengandung anggur dan berbagai buah beri seperti acai berry, mulberry, blackberry dan blueberry.

President Director sekaligus CEO LiveWell Global, Bambang Muliana mengatakan, Element + adalah produk olahan super fruits dengan nilai antioksidan tinggi penangkal radikal bebas.

“Element + dapat diminum sehari-hari, membantu penyembuhan penyakit dan aman karena terdaftar BPOM dan diproduksi pabrik bersertifikat halal,” pungkasnya.