Makanan dan Minuman Ini Sehatkan Payudara [meetup]

Makanan dan Minuman Ini Sehatkan Payudara

PinkKorset.com – Anda bisa menjaga kesehatan payudara dengan mengonsumsi lima makanan dan minuman ini.

Payudara sehat lebih penting ketimbang mempermasalahkan ukuran. Menjaga asupan makanan dan minuman menjadi fokus utama Anda. Terlebih ketika Anda mengalami benjolan payudara (fibrocystic breasts), nyeri akibat PMS maupun menopause atau ingin menurunkan risiko kanker payudara.

Berikut ini lima makanan dan minuman yang dapat membantu menyehatkan payudara.

Kedelai

Makanan dan Minuman Ini Sehatkan Payudara

Penelitan menunjukkan perempuan yang rutin mendapatkan asupan rutin senyawa daidzein dan genistein dari kedelai menurunkan kemungkinan Anda terkena fibrocystic breasts. Selain itu, konsumsi kedelai juga membantu meringankan efek samping menopause, termasuk osteoporosis dan penyakit jantung. Bahkan, penelitian yang melibatkan 9.514 pasien kanker payudara menemukan konsumsi kedelai mencegah kekambuhan tumor. Anda dapat mengonsumsi kedelai maupun olahannya, seperti tahu, tempe dan miso.

Gandum

Makanan dan Minuman Ini Sehatkan Payudara

Ekstrak gandum (wheat germ extract) terbukti mengurangi berbagai gejala PMS. Sebuah studi yang melibatkan 100 perempuan dengan PMS selama dua siklus berturut-turut menemukan konsumsi 400 gr esktrak gandum mengurangi gejala fisik 63,6%, gejala psikologis 66,3% dan gejala umum lainnya 65%. Selain itu para responden juga mengalami penurunan kelelahan, marah, jantung berdebar-debar, sakit kepala, gangguan tidur, nafsu makan dan ngidam (food craving). Anda bisa menambahkan gandum ke dalam salad maupun smoothie.

Blueberry

Makanan dan Minuman Ini Sehatkan Payudara

Studi telah membuktikan blueberry maupun ekstrak blueberry menurunkan pertumbuhan sel tumor payudara. Makan seporsi blueberry dengan berat 170 gr setiap hari dapat menurunkan risiko kanker. Anda juga bisa mengasup bubuk blueberry dengan menambahkannya ke dalam granola, yogurt maupun oatmeal.

Labu parang

Makanan dan Minuman Ini Sehatkan Payudara

Sayuran ini memiliki warna oranye atau merah terang yang mengandung betakaroten tinggi. Senyawa pigmen tumbuhan ini dapat mengurangi risiko munculnya fibrocystic breasts.

Teh sage

Makanan dan Minuman Ini Sehatkan Payudara

Minuman berbahan dasar rempah Eropa, sage ini mengandung antioksidan tinggi. Minum teh sage dapat mengendalikan keringat berlebih, terutama bagian payudara. Keringat berlebih disertai debu, bakteri dan polusi dapat menimbulkan jerawat pada payudara. Anda bisa membuat minuman ini dengan menyeduh daun sage segar. Manfaat ini juga bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi ekstrak sage kering dalma kapsul (1.000 mg) dengan dosis dua kapsul per hari. Tetapi Anda tidak disarankan mengonsumsinya ketika hamil karena menyebabkan kontraksi rahim.