Turunkan Berat Badan dengan Bodypump [eltersports]

Turunkan Berat Badan dengan Bodypump

PinkKorset.com, Jakarta – Salah satu latihan angkat beban ini dapat menurunkan berat badan sekaligus menyehatkan.

Latihan angkat beban bukan hanya dominasi laki-laki saja. Kaum hawa pun bisa memanfaatkan olahraga ini, khususnya untuk menurunkan berat badan. Salah satunya yakni Bodypump.

District Manager Gold’s Gym Indonesia Stefanus menjelaskan, manfaat latihan angkat beban, Bodypump bagi perempuan untuk menurunkan berat badan, menguatkan otot tanpa membesarkan otot (bulking), menambah kepadatan tulang, membentuk postur tubuh ideal dan menguatkan jantung.

“Dasar Bodypump terinspirasi gerakan angkat beban tetapi berbeda dengan latihan angkat beban biasa,” katanya saat Perayaan Ulang Tahun Gold’s Gym Indonesia ke-9 dan Peluncuran Bodypump 100 di Jakarta, Sabtu (14/1/2017).

Latihan yang memerlukan barbell, lempengan pemberat (plate), meja pijakan (step) dan matras ini mengangkat beban lebih rendah ketimbang latihan beban konvensional. Namun pengulangan (repeat) gerakan justru lebih banyak.

Satu kali latihan Bodypump memakan waktu 55-60 menit dengan 10 tracklist musik pengiring dan pilihan beban plate masing-masing sisi dumbell 5-10 kg (otot kecil) dan 7,5-15 kg (otot besar). Sebanyak 600-800 kalori dapat terbakar per sesi latihan.

“Siapapun boleh melakukannya. Khusus yang memiliki cedera tulang punggung (low back pain) dan hamil hanya bisa lakukan beberapa gerakan saja,” katanya.

Stefanus menambahkan, agar mendapatkan hasil maksimal sebaiknya hanya melakukan latihan 3-4 kali sepekan untuk memulihkan otot dan hentikan bila terjadi overtraining.

“Kondisi overtraining Bodypump yakni tiba-tiba kram dan pusing. Sebaiknya Anda istirahat sejenak,” pungkasnya.

Bodypump merupakan latihan beban yang memadukan gerakan penguatan muscle, core dan strength. Olahraga ini dibuat dan dipopulerkan  pendiri Les Mills International, Phillip Mills sejak 1991.