Pertunjukan di Dubai Ini Raih Rekor Dunia [ist]

Pertunjukan di Dubai Ini Raih Rekor Dunia

PinkKorset.com, Dubai – Baru-baru ini Dubai mendapatkan rekor Guinness World Records dalam perayaan tahun baru 2018.

Sebuah perayaan pergantian malam tahun baru bertajuk Light Up 2018 di Burj Khalifa, Downtown Dubai, Dubai berhasil meraih gelar Guinness World Records untuk pertunjukan cahaya dan suara terbesar di satu bangunan tunggal.

Pencapaian ini mengalahkan rekor Kota Hong Kong pada 2013 di gedung ICC di atas area seluas 46.641,52 m2. Sementara Light Up 2018 digelar di area Burj Khalifa dengan area 109.252 m2 atau berukuran 20 lapangan sepak bola.

Pertunjukan penuh cahaya ini menyulap lokasi tersebut menjadi lokasi paling terang di dunia dengan 76,3 juta lumens kecerahan. Lebih dari 40 outdoor laser dimodifikasi, 230 lampu penerangan Xenon, 280 lampu outdoor diputar dan didukung instalasi lampu sorot tertinggi serta instalasi laser tertinggi di dunia dengan ketinggian 828 meter.

Pertunjukan di Dubai Ini Raih Rekor Dunia

Pemasangan lampu, lampu sorot dan peralatan lain memiliki berat lebih dari 118,44 ton serta kabel dengan panjang lebih dari 28,7 km. Lebih dari 300 pekerja profesional terlibat dalam pertunjukan megah ini.

Malam Tahun Baru di Downtown Dubai diterangi sinar laser berbagai warna, panel LED display di Burj Khalifa dengan lebih dari 1,1 juta piksel dan pertunjukan air lengkap dengan alunan musik The Dubai Fountain.

Salah satu sorotan pertunjukan tersebut adalah penghormatan visual kepada pendiri UAE, almarhum Sheikh Zayed bin Sultan Al Nahyan. Pada 2018 ditetapkan sebagai peringatan ‘Tahun Zayed’ memperingati hari jadi UAE ke-100.

“Pertunjukan Light Up 2018 adalah bentuk penghormatan kami kepada bangsa ini, merayakan prestasinya dan menempatkan UAE di peta global sebagai pusat dimana pemikiran-pemikiran inspiratif bertemu dan terhubung,” ucap Ketua Emaar Properties Mohamed Alabbar dalam keterangan resmi baru-baru ini.

Selain itu, rangkaian pertunjukan City of Up 2018 persembahan Emaar di Downtown Dubai ini ditonton lebih dari satu juta pengunjung dari seluruh dunia dan 2,5 miliar penonton seluruh dunia melalui televisi serta media sosial.