5 Kesalahan Penataan Dapur

PinkKorset.com – Tahukah Anda ada beberapa kesalahan umum yang membuat dapur Anda sulit rapi?

Dapur digunakan setiap hari dengan berbagai kegiatan seperti memasak, makan, dan membersihkan. Dengan banyaknya aktivitas tersebut, tentu dapur menjadi cepat berantakan dan sulit untuk bersih.

Anda bisa menjaga dapur tetap bersih lebih lama, Kataak.com memberi rekomendasi untuk menghindari beberapa kesalahan umum dalam penataan dan desain dapur. Apa saja?

1. Tidak menerapkan aturan praktis
Salah satu aturan praktis yang paling penting dalam hal mendesain dapur adalah Segitiga Dapur, yakni wastafel, kompor gas, dan lemari es. Tata letak ini berfungsi sebagai segitiga yang menciptakan area kreativitas terbesar untuk kenyamanan beraktivitas di dapur. Sebagai pedoman umum, jarak antara ketiganya harus kurang dari 4 kaki dan tidak lebih dari 9 kaki. Mengabaikan aturan tata letak segitiga dapur ini adalah kesalahan umum di sebagian besar desain dapur modern.

5 Kesalahan Penataan Dapur

2. Mengabaikan fungsionalitas
Sejumlah besar orang hanya fokus pada hasil akhir yang terlihat, namun kerap lupa mengenai fungsionalitas. Misalkan pintu lemari berbenturan dengan pintu mesin pencuci piring sehingga Anda tidak dapat membuka keduanya sekaligus. Jadi selain dari tampilan, penting juga untuk mengatur penempatan dan fungsionalitas.

5 Kesalahan Penataan Dapur

3. Kurang luasnya area atau meja persiapan
Salah satu keluhan terbesar mengenai desain dapur adalah tidak memiliki meja atau area persiapan yang tepat. Tentukan kebutuhan Anda. Bila Anda menggunakan meja persiapan, maka ruang gerak Anda akan lebih terbatas. Hal ini tergantung dari keadaan ruangan, kebutuhan, dan anggaran Anda. Jangan memaksakan memilih perabotan yang bagus namun perhatikan juga fungsinya.

5 Kesalahan Penataan Dapur

4. Tidak menggunakan pelapis dinding/ backsplash
Pelapis dinding khusus dapur berfungsi sebagai pengaman agar dinding terhindar dari lemak, panas, dan uap yang dapat merusak lapisan dinding. Anda pun akan terhindar dari perbaikan di masa depan. Ini juga merupakan salah satu ide desain dapur terbaik karena menonjolkan tampilan dapur.

5 Kesalahan Penataan Dapur

5. Tidak memiliki pencahayaan yang tepat
Pencahayaan adalah salah satu bagian penting dalam setiap desain dapur. Cahaya itu bisa berasal dari dapur atau jendela. Dapur membutuhkan lebih banyak pencahayaan, terutama di atas area persiapan. Pada umumnya ada tiga jenis pencahayaan. Pertama pencahayaan yang menerangi seluruh area, pencahayaan untuk area persiapan, dan yang fokus pada subjek tertentu.

5 Kesalahan Penataan Dapur