Fitch Rating: Peringkat OYO Pada Level “B”, Outlook Stabil [bisnis.com]

Fitch Rating: Peringkat OYO Pada Level “B”, Outlook Stabil

PinkKorset.com – Lembaga pemeringkat kredit internasional Fitch meningkatkan Outlook untuk OYO pada peringkat ‘B’ – Outlook Stabil.

Fitch menegaskan peringkat ‘B’ atas fasilitas pinjaman berjangka senior senilai USD 660 juta akan jatuh tempo pada 2026 yang diterbitkan oleh anak perusahaan yang dimiliki sepenuhnya oleh OYO, Oravel Stays Singapore Pte Limited ini mendapatkan peringkat pemulihan ‘RR4’.

Fitch turut menyatakan lebih lanjut bahwa fasilitas pinjaman berjangka tersebut dijamin tanpa syarat dan tidak dapat dibatalkan oleh OYO dan anak perusahaan di dalam grup. Jaminan ini dinyatakan mencakup 121% dari pokok pinjaman terutang atau senilai hingga USD 800 juta yang juga dianggap penuh dan layak oleh lembaga pemeringkat kredit internasional tersebut.

“Kami memperkirakan OYO akan menghasilkan EBITDA dan CFO positif pada FY24, lebih cepat dari taksiran kami sebelumnya yang didorong oleh penurunan biaya operasional yang lebih besar dari yang kami perkirakan,” demikian pernyataan tertulis Fitch.

Peringkat yang diberikan oleh Fitch mencerminkan model bisnis asset-Light yang mendapatkan keuntungan dari kebutuhan belanja modal yang minim, hak distribusi eksklusif, kontrol harga atas inventaris properti, pembagian hasil yang tetap, dan potensi pertumbuhan jangka panjang yang signifikan.

Baru-baru ini, lembaga pemeringkat global Moody’s (Moody’s Investor Service) mengumumkan bahwa mereka memperkirakan OYO akan tetap memiliki EBITDA positif untuk FY24 dan prospeknya secara keseluruhan tetap stabil.

Moody’s dalam laporannya mengatakan bahwa OYO akan menghasilkan EBITDA sekitar US$50 juta-US$55 juta, setelah biaya pembayaran berbasis bersama pada tahun fiskal 2024, didukung oleh pemulihan permintaan yang kuat di bisnis perhotelan, peningkatan jumlah properti di platform OYO, dan optimalisasi biaya.

OYO telah memiliki lebih dari 150 hotel di seluruh Inggris. Perusahaan ini juga berencana untuk menambah lebih dari 100 hotel di Amerika Serikat pada tahun 2023. Di Indonesia, sejak didirikan pada tahun 2018, OYO berhasil mencatat pertumbuhan 15 kali lipat dengan peminat lebih dari 13 juta pelanggan.