Pasokan Pisang Ambon Terancam [wikipedia]

Pasokan Pisang Ambon Terancam

PinkKorset.com, Los Angeles – Para penggemar pisang sebaiknya segera memuaskan keinginan mereka untuk makan Pisang Ambon. Sebelum kesulitan menemukan pasokan pisang ini di mana-mana.

Pisang Ambon atau Pisang Cavendish adalah salah satu buah tropis yang populer di dunia. Pisang berwarna kuning cerah ini sering disajikan di meja makan karena rasanya yang khas.

Namun, Scientific American menuturkan, jenis jamur tanah yang dinamakan Fusarium oxysporum f.sp. cubense atau disingkat Foc telah menyerang varietas utama pisang yang ditanam di Mozambik dan Yordania untuk keperluan ekspor.

Para ilmuwan pun khawatir, jika jamur pada pisang ini terus menyebar, maka popularitas Pisang Ambon akan terancam.Jamur yang telah ditemukan di beberapa perkebunan, menyebabkan penyakit Panama yang tak tersembuhkan atau penyakit layu Fusarium dan membuat pisang cepat busuk.

Fusarium oxysporum atau sering disebut “Agen Hijau” menyerang pembuluh kayu (xylem) dari berbagai jenis tanaman dan efeknya bisa sampai menimbulkan kematian. Jamur jenis ini mampu bertahan lama di dalam tanah sebagai klamidospora sehingga sulit untuk dikendalikan.

Dengan contoh jamur pisang yang ditemukan di Timur Tengah dan Afrika Tenggara, maka tampaknya tidak akan lama sebelum Foc menyerang perkebunan di Amerika Latin

Pada 1950-an, serangan jamur lain juga pernah membuat punah populasi pisang Gros Michel atau Big Mike, jenis pisang yang sempat populer seperti Cavendish. Serangan di Amerika Tengah dan Amerika Selatan ini membuat para produsen beralih ke jenis Cavendish, yang lebih tahan terhadap serangan jamur pada saat itu.

Selain Foc, para ilmuwan juga telah lama khawatir, bahwa serangan jamur Tropical Ras 4, yang sebelumnya terbatas pada wilayah Asia dan Australia, akhirnya akan menyebar ke seluruh dunia dan menghilangkan pasokan Cavendish, seperti serangan sebelumnya pada pisang Gros Michel.

 

Wabah Serangga

Namun, jamur bukanlah satu-satunya ancaman bagi pasokan pisang dunia. Pekan lalu, Kosta Rika menyatakan kondisi “darurat pisang” karena wabah serangga yang memakan buah dan meninggalkan noda pada pisang.

Meskipun pisang yang diserang masih bisa dimakan, namun tidak bisa untuk ekspor. Padahal, ekspor pisang merupakan pendapatan ekspor utama negara Amerika Latin.

Untuk mengatasi kutu putih dan serangga, produsen pisang di Kosta Rika akan diizinkan untuk menggunakan pestisida dan agen kontrol biologis pada tanaman mereka. Namun, untuk menangkis kemungkinan serangan jamur pada pisang Cavendish, solusinya adalah mencari pisang tahan jamur, untuk menggantikan tanaman yang rentan.