Tahun Depan, Lima Tol Dioperasikan Foto: antara

Tahun Depan, Lima Tol Dioperasikan

PinkKorset.com, Jakarta – PT Jasa Marga (Persero) Tbk akan mengoperasikan lima ruas tol baru sepanjang 48 kilometer pada 2014.

Direktur Utama PT Jasa Marga Adityawarman menyebutkan lima ruas tol baru itu adalah

  • JORR W2 Utara Ruas Kebon Jeruk-Ulujami (7,07 km)
  • Bogor Ring Road Ruas Kedunghalang-Kedungbadak (2 km)
  • Semarang-Solo Ruas Ungaran-Bawen (12,3 km)
  • Gempol-Pandaan (12 km)
  • Gempol-Pasuruan Ruas Gempol-Rembang (13,9 km)

Saat ini, JORR W2 Utara Ruas Kebon Jeruk-Ciledug sepanjang 5,53 km sedang uji kelaikan operasi. Sedangkan pembangunan Seksi IV Ciledug – Ulujami sepanjang 2,07 km akan rampung pada Juni 2014.

Bila JORR W2 Utara sudah dioperasikan, maka lima ruas tol yang sudah beroperasi, yaitu Jakarta-Cikampek, Jagorawi, Jakarta-Serpong, Jakarta-Cikampek dan Tol Soediyatmo (Bandara), akan saling terhubung.

“Dengan beroperasinya JORR W2 Utara ini juga diperkirakan akan mengurangi kepadatan Tol Dalam Kota Jakarta sekitar 30 persen karena kendaraan dari arah Bekasi dan Bogor yang akan menuju Bandara atau Tangerang dan sebaliknya, tak perlu lagi melintas di Tol Dalam Kota Jakarta,” kata Adityawarman.

Kemudian, Bogor Ring Road yang akan beroperasi sampai dengan Kedungbadak pada 2014, akan mengurangi kepadatan kendaraan dari arah Yasmin menuju Jakarta melalui Jagorawi.

Sedangkan Tol Semarang-Solo Ruas Ungaran-Bawen dapat mengurangi kepadatan di jalan arteri dan mempersingkat waktu tempuh Bawen – Semarang menjadi tidak lebih dari 30 menit.

Adapun Ruas Gempol-Pasuruan seksi I dan Gempol-Pandaan dibangun untuk menghubungkan tiga wilayah yakni Surabaya, Banyuwangi dan Malang.