Balita Mewarnai Hidup Anda Foto: ummchealth

Balita Mewarnai Hidup Anda

PinkKorset.com – Menjadi orangtua tak pernah mudah. Tapi suka dan duka memiliki anak, terutama usia balita, membuat hidup lebih indah.

Banyak pelajaran yang dipetik ketika Anda menjadi orang tua. Entah anak pertama, maupun kedua hingga ketiga dan seterusnya, selalu ada hal baru.

Pengajar Educational Studies Program di Trinity University, Rachel Leventhal-Weiner, mengungkapnya dengan tepat. Apa saja yang ia katakan?

Selalu Ada Kejutan

Setiap anak selalu penuh kejutan. Misalnya ketika si kecil bisa menggambar sesuatu yang tak perlu Anda tebak hingga sakit kepala atau saat ia bisa menulis sebuah kata lengkap tanpa bantuan.

Namun, tak semua kejutan menyenangkan. Rachel masih ingat ketika putri sulungnya terjatuh di lantai karena genangan air seni adiknya atau saat si bungsu bangun tidur karena mimisan dengan darah di seluruh wajahnya.

Tak Ada Temuan Kecil

Kedua putri Rachel suka berbicara. Segala sesuatu yang baru mereka ketahui, akan menjadi permainan tanya jawab yang seakan tak pernah berakhir. Semakin besar, mereka semakin memperhatikan dan mempertanyakan setiap hal.

Rachel membuatnya jadi menyenangkan. Meski mengganggu, tak jarang pertanyaan-pertanyaan itu adalah cara mereka melihat dunia. “Saya pun slow down, melihat hal-hal yang baru mereka lihat dan ikut dalam momen itu.”

Berlebihan Kadang Bagus

Siapa yang suka saat anak-anaknya mendadak rewel dan mengamuk? Terutama saat Anda lelah, tapi ia tak mau tahu dan tetap terlentang di lantai ruang tamu sambil menjerit histeris, hanya karena sudah waktunya tidur.

Bagi seorang ibu seperti Rachel yang harus menahan diri meski jengkel di dalam hati, ini saatnya menyadari anak-anak begitu berkomitmen dengan apa yang mereka yakini. “Saya berharap nantinya mereka bisa mengendalikan emosi.”

Meski kerewelan anak yang dalam istilah Inggris-nya throwing tantrum itu benar-benar menguras kesabaran Anda, semua layak dihadapi. Terutama jika anak-anak sedang gembira dan dalam mood yang bagus.

Sebab semudah mereka merasa sedih atau frustasi, kasih sayang juga mereka tuangkan dalam jumlah yang amat banyak. Ekspresi cinta dan kasih sayang yang hiperbola dari anak-anak, luar bisa membahagiakan.

“Saat mereka berkata saya ibu favorit mereka sedunia, seluruh tubuh saya ikut emosional mendengarnya,” papar Rachel, yang mengaku lebih mengerti ibunya setelah ia punya anak.

Peluklah si kecil hari ini, katakan betapa Anda mencintainya. Nikmati balasan pelukan dan ucapan Anda darinya.