Cerdas dan Praktis Berkemas Saat Mudik [shefinds]

Cerdas dan Praktis Berkemas Saat Mudik

PinkKorset.com – Menjelang mudik, berkemas bisa menjadi hal paling memusingkan untuk dilakukan.

Betapa tidak, ajang silaturahmi setahun sekali dengan keluarga besar ini butuh banyak hal untuk dilakukan, diceritakan dan dibagikan.

Banyak barang yang ingin dibawa, namun tak banyak tempat yang tersedia. Selain membuat sempit sehingga perjalanan tidak nyaman, terlalu banyak bawaan bisa membuat biaya perjalanan membengkak akibat biaya bagasi yang harus dibayar.

Lalu, bagaimana mengemas barang dengan ringkas dan efisien?

Setidaknya Anda harus mulai mengepak barang lebih awal. Meski Anda termasuk orang yang bisa bekerja cepat, sebaiknya hindari berkemas di saat-saat terakhir menjelang keberangkatan. Minimal sehari sebelum keberangkatan, Anda harus membereskan barang-barang yang hendak dibawa.

Pisahkan dalam tas kecil beberapa benda penting seperti tiket pesawat atau kereta, dompet dan handphone. Serta benda lain yang mungkin dibutuhkan dalam perjalanan. Seperti charger, tisu, kacamata, buku bacaan dan permen.

1. Pilih tas mudik yang sesuai
Tentukan dulu jenis dan ukuran tas yang akan dibawa. Jika pergi menggunakan pesawat, pastikan ukuran tas tidak melebihi kapasitas bagasi yang tersedia. Anda bisa memilih ransel untuk mobilitas lebih baik, sedangkan koper memudahkan Anda membawa bawaan lebih ringan.

2. Buat Checklist
Membuat checklist  sangat membantu untuk meringkas barang bawaan Anda. Dengan menuliskan daftar barang-barang yang akan dibawa, Anda akan sadar barang yang benar-benar dibutuhkan dan yang hanya ‘ingin’ dibawa. Membuat checklist juga bisa mencegah tertinggalnya barang tertentu.

3. Singkirkan yang tidak perlu
Ingat-ingat, apakah di lokasi tujuan, barang dalam checklist Anda sudah tersedia? Misalkan mudik ke rumah orangtua. Disana pasti sudah ada beberapa pakaian rumah, handuk dan sandal jepit. Jadi, Anda coret barang-barang tersebut dari daftar Anda. Selain lebih ringan, akan ada tempat lebih untuk barang lain.

3. Pilih-pilih pakaian

Mengingat tujuan Anda adalah untuk merayakan lebaran, Anda harus memprioritaskan beberapa barang, seperti mukena, jilbab, gamis serta aksesorisnya. Untuk pakaian dan alas kaki, sebaiknya memilih yang warna netral karena lebih mudah dipadu-padankan.

Bawahan juga sebaiknya dibawa lebih sedikit dari atasan. Selain tidak mudah kotor, tidak ada yang menyadari Anda menggunakan celana yang sama dua hari berturut-turut.

5. Hindari membawa baju tebal
Pakaian tebal seperti sweater dan jaket kulit akan memakan tempat dan hanya menyisakan sedikit ruang untuk pakaian dan benda lainnya yang lebih penting. Jika tempat tujuan Anda dingin, bawa beberapa  sweater tipis dan benda penghangat. Di tempat tujuan, Anda bisa mengenakan sweater tersebut secara bertumpuk. Ketika cuaca menjadi hangat, sweater-sweater tersebut bisa menjadi pakaian cadangan. Anda pun sebaiknya tidak memasukkan jaket tebal dalam koper, namun kenakan dalam perjalanan.

6. Masukkan sepatu terlebih dulu
Sneakers atau keds memiliki bentuk yang lebih solid dan kokoh dibandingkan pakaian sehingga cukup memakan tempat ketika dikemas ke dalam tas. Untuk memaksimalkan kapasitas tas, isi sepatu dengan barang lain seperti kaos kaki atau botol sabun. Sepatu pun dimasukkan terlebih dahulu, di bagian paling dalam yang menyentuh sisi tas. Ruangan yang tersisa bisa dimanfaatkan untuk benda-benda yang bentuknya lebih fleksibel.

7. Gulung pakaian

Pakaian yang digulung akan jauh lebih menghemat tempat di dalam tas dibanding pakaian yang dilipat. Selain itu, pakaian yang digulung juga tidak lecek, dibanding pakaian yang dilipat dan tertindih oleh benda-benda lain selama berada di dalam tas. Space maker (plastik) juga bisa Anda gunakan untuk memasukkan baju kemudian digulung. Ini bisa menghemat tempat hingga 60 persen.

8. Barang-barang kecil masuk terakhir
Barang-barang kecil seperti perlengkapan mandi dan kosmetik sebaiknya dimasukkan terakhir di bagian tas paling atas. Selain lebih mudah disisipkan di antara barang besar lainnya, benda tersebut biasanya paling pertama dibutuhkan ketika tiba di tempat tujuan. Untuk lebih menghemat tempat, Anda bisa membawa pasta gigi berukuran kecil dan sampo dalam bentuk sachet.

Baca juga:

Jumat, Jembatan Comal Bisa Dilalui Lagi
Lebaran dan Mudik, SPBU Tetap Buka 24 Jam
Bisnis Pembantu Infal Tahun Ini Tidak Maksimal