Google Doodle Rayakan Hari Ibu Foto: google

Google Doodle Rayakan Hari Ibu

PinkKorset.com, London – Google merayakan Hari Ibu dengan Doodle yang menggambarkan seorang ibu bersepeda dengan anak laki-laki dan perempuannya.

Hari Ibu di beberapa negara ditetapkan berdasarkan tanggal tertentu. Sementara di Inggris, Hari Ibu selalu jatuh pada hari minggu keempat Prapaskah. Untuk tahun ini dirayakan pada Minggu, 30 Maret.

Asal mula Hari Ibu atau Mothering Sunday berasal dari asisten rumah tangga dan pelayan yang diberikan libur oleh atasan mereka untuk mengunjungi ibu dan seluruh keluarga mereka.

Kesempatan ini juga terkait dengan kebiasaan orang-orang pada abad ke-16, yang mengunjungi gereja utama atau katedral di daerah mereka menjelang Paskah. Disinilah setiap orang dibaptis. Katedral merupakan “ibu gereja” bagi semua gereja lain di dalam suatu wilayah (diocese). Yang paling terkenal tentunya adalah Canterbury Cathedral.

Memberikan buket bunga pada Hari Ibu juga berasal dari kebiasaan anak-anak yang memetik bunga-bunga liar yang baru berkembang dalam perjalanan ke gereja.

Hari Ibu adalah sebuah hari pada periode pra-paskah di mana aturan-aturan berpuasa lebih dilonggarkan untuk menghormati salah satu cerita dalam Injil, yaitu “Memberi Makan Lima Ribu Orang”.

Oleh karena itu, keluarga diizinkan untuk memanjakan para ibu mereka pada Hari Ibu. Makanan yang paling disukai sebagai hadiah sekaligus hidangan adalah Simnel Cake, yakni kue yang dibuat dari buah-buahan.

Foto: simnel cake

Foto: simnel cake

Lapisan marzipan (pasta almond dan gula) diletakkan paling atas dan dihiasi dengan bola-bola marzipan.  Namun, kue ini disimpan hingga hari Paskah karena pada hari Mothering Sunday umat Kristiani sedang berpuasa.

Kata “Simnel” sendiri diduga berasal dari bahasa Latin “simila”, yang berarti tepung gandum yang bagus yang digunakan untuk membuat kue ini.