Google Kembangkan Fitur ‘Ramah Anak’ [google]

Google Kembangkan Fitur ‘Ramah Anak’

PinkKorset.com – Dunia maya banyak mendapat kritik karena membawa dampak negatif pada anak-anak. Mesin pencari Google pun segera tanggap.

Google saat ini dikabarkan sedang mematangkan fitur baru yang akan membuat mesin pencarinya ‘ramah’ terhadap anak di bawah usia 13 tahun. Sehingga para orangtua akan terbantu dalam mengawasi penggunaan internet pada anak.

Fitur bernama ‘Google for Kids’ ini didesain khusus untuk melindungi anak dari konten dewasa terutama pornografi. Dengan fitur ini, akan ada panel kontrol khusus orangtua serta akun Google ‘child-safe’. Ini berarti, akses ke YouTube dan Gmail-nya pun akan dibatasi. Akun ‘child-safe’ tersebut juga memungkinkan orangtua menyetel pencarian apa saja yang bisa dilakukan anak mereka.

Diketahui, jutaan anak telah menggunakan layanan dengan identitas palsu. Sementara identitas autentik bisa dilakukan Google dan Facebook. Ini tentu akan membantu para orangtua mengontrol anak mereka.

Meski fitur ini nantinya akan sangat membantu, Google tetap meminta orangtua untuk lebih pro-aktif dalam memantau penggunaan internet anak-anaknya.

Saat ini, perusahaan tidak bertanggung jawab jika ada anak di bawah umur berbohong dan mendaftarkan diri untuk layanan Google atau Facebook. Namun ke depannya, pembangunan produk ;ramah anak’ ini diharapkan bisa membantu orangtua maupun perusahaan.