Komisi Eropa Beri Kucuran Dana Pada UKM [euro]

Komisi Eropa Beri Kucuran Dana Pada UKM

PinkKorset.com – Komisi Eropa memberikan komitmen bantuan senilai US$116 juta untuk UKM yang inovatif dan berteknologi tinggi.

Dana tersebut disalurkan melalui “Open and Disruptive Innovation” (ODI) selama 12 bulan ke depan. Adapun ODI bertujuan mentransformasikan gagasan-gagasan distruptif ke dalam solusi konkret, inovatif (produk, jasa, model) dan menciptakan pasar-pasar baru dengan dampak Eropa dan global.

Dari 886 proposal yang masuk, sekitar 30 teknologi UKM dan start-up berusia dua sampai lima tahun akan menerima pendanaan dari Uni Eropa. Mereka adalah usaha yang inovatif dan berteknologi tinggi dengan dimensi komersial yang kuat.

Dana baru tersebut akan dialokasikan untuk produk-produk inovatif. Misalkan saja alat untuk membantu dokter berkomunikasi dengan pasien non-responsif, alat kontrol irigasi berbasis “cloud” untuk meningkatkan efisiensi air di peternakan hingga 30%, ‘electronic nose’ untuk menentukan kesegaran makanan.

UKM dari Austria, Denmark, Finlandia, Prancis, Irlandia, Israel, Lithuania, Polandia, Slovenia, Spanyol, Turki dan Inggris dipilih untuk menerima masing-masing 50 ribu euro maksimal enam bulan, untuk membuat ide bisnis secara teknis dan komersial.