Pekan Ini, Mark Zuckerberg Merugi $3,1 M Foto: tmz

Pekan Ini, Mark Zuckerberg Merugi $3,1 M

PinkKorset.com – Mark Zuckerberg kehilangan US$3,1 miliar pekan ini, di tengah anjloknya harga saham bank dan perusahaan teknologi.

Harga saham situs jejaring sosial Facebook turun 11% setelah perusahaan tersebut mengumumkan rencana untuk membeli pabrikan virtual-reality, Oculus VR Inc, senilai US$2 miliar.

Pendiri Facebook Inc, Mark Zuckerberg, yang menurut Bloomberg Billionaires Index tercatat sebagai orang terkaya ke-22 dunia, dengan nilai kekayaan US$27 miliar pun harus rela kehilangan US$3,1 miliar pekan ini.

Demikian dilansir dari Bloomberg, Minggu (30/3/2014).

Sepekan kemarin, indeks saham teknologi Nasdaq 100 melemah 2,2% dan indeks Standard & Poor’s 500 turun 0,5%.

John Carey, manager portofolio Pioneer Investment Management Inc, Boston, yang menangani dana investasi US$200 miliar mengatakan, situasi ini disebabkan kekhawatiran investor atas beberapa hal.

Seperti niat The Federal Reserve untuk memangkas program pembelian obligasinya, masalah Rusia dan Crimea, serta kemungkinan memburuknya kinerja perusahaan-perusahaan untuk kuartal pertama.

Tidak hanya Mark Zuckerberg yang merugi, pendiri Google Inc, Sergey Brin dan Larry Page, juga kehilangan US$3 miliar setelah operator mesin pencari terbesar dunia itu bersiap untuk menggelontorkan 330 juta saham nonvoting C Class, pekan depan, guna memperkuat kontrol para pendirinya.

Sementara pundi-pundi Jeff Bezos, CEO Amazon.com Inc, juga turun US$1,9 miliar setelah perusahaan ritel online terbesar dunia itu mengumumkan akan memangkas harga layanan cloud, sehari setelah Google menurunkan harga. Harga baru tersebut mulai efektif 1 April, bagi Amazon dan Google.

Chairman Tesla Motors Inc, Elon Musk, yang nilai kekayaannya melesat jadi US$12 miliar pada akhir Februari, juga harus rela kehilangan US$634 juta pekan ini setelah pabrikan mobil listrik itu turun 7%.

Lalu, Siapa yang terkaya?

Bill Gates masih menjadi orang terkaya di dunia dengan nilai kekayaan bersih US$79 miliar. Di posis kedua adalah miliarder asal Meksiko, Carlos Slim, yang mencatatkan kekayaan US$65,5 miliar, dan  Amancio Ortega asal Spanyol, dengan kekayaan bersih US$63,8 miliar.