Polusi Tinggi, Paris Gratiskan Angkutan Umum 3 Hari Foto: xygenerations

Polusi Tinggi, Paris Gratiskan Angkutan Umum 3 Hari

PinkKorset.com, Paris –  Kendaraan bermotor memicu tingginya polusi di Paris. Pemerintah Kota Mode tersebut pun menggratiskan angkutan umum selama tiga hari.

Penggratisan ini bertujuan agar warga kota Paris mengurangi pemakaian kendaraan pribadinya.

Jean-Paul Huchon, kepala organisasi pengamat transportasi di Paris dan sekitarnya, mengatakan angkutan umum akan gratis mulai Jumat pagi waktu setempat sampai Minggu malam.

“Saya meminta seluruh warga yang tinggal di Paris dan sekitarnya untuk menggunakan sarana transportasi umum,” katanya seperti dikutip AFP, Jumat (14/3/2014).

Tingkat polusi di Paris melonjak akibat cuaca yang mulai menghangat dan jarangnya angin kencang.

Pada malam hari, saat tanah mulai dingin dan atmosfir mulai hangat, partikel polusi yang dihasilkan kendaraan bermotor terjebak di udara antara dingin dan hangat.  Apalagi tidak ada angin kencang yang membawanya.

Alhasil, pusat monitor utara Paris melaporkan adanya konsentrasi partikel polusi yang cukup tinggi, dengan diameter kurang dari 10 mikron (partikel PM10) di udara.

Polusi ini jadi kekhawatiran pemerintah Prancis setelah konsentrasinya meningkat hingga 80 mikrogram per meter kubik.

Partikel PM10 ini menempel di udara cukup lama. Dengan ukurannya yang sangat kecil, partikel polusi PM10  bahkan yang berdiameter kurang dari 2,5 mikron, bisa sangat berbahaya, karena mudah masuk ke paru-paru dan aliran darah.

Dampak negatif yang ditimbulkkan adalah penyakit asma, alergi, dan gangguan pernafasan lainnya.

Tingkat polusi Paris yang hampir setara dengan Beijing, kota dengan tingkat polusi tertinggi dunia ini pun membuat pemerhati lingkungan The Greens turun tangan. Mereka mendesak pemerintah setempat mengatur warganya yang memakai kendaraan umum.

Mereka juga mengusulkan penetapan aturan mobil dengan plat nomor terakhir ganjil genap untuk hari yang berbeda. Selain meminta pemerintah melarang truk masuk ke ibu kota Prancis tersebut.

Polusi tinggi ini tidak hanya terjadi tapi juga hampir di seluruh Prancis. Negara lain juga ada yang kena imbas, seperti Belgia di mana pemerintahnya sudah mengurangi batas kecepatan mobil di jalan utama dalam rangka mengurangi polusi.