Sejarah Panjang Ibukota Indonesia [bbc]

Sejarah Panjang Ibukota Indonesia

PinkKorset.com – Awalnya hanyalah sebuah bandar kecil di muara Sungai Ciliwung, sekitar 500 tahun lalu. Bagaimana Jakarta bisa sebesar sekarang?

Dilansir dari situs resmi Provinsi DKI Jakarta, selama berabad-abad kota banda kecil ini berkembang menjadi pusat perdangan internasional yang ramai. Ini berdasarkan banyak prasasti yang ditemukan di kawasan tersebut.

Tak banyak yang bisa dikumpulkan mengenai Jakarta hingga kedatangan penjelajah Eropa. Laporan para penulis Eropa dari abad ke-16 menyebutkan adanya kota bernama Kalapa.

Kalapa disebut-sebut sebagai bandar utama kerajaan Hindu bernama Sunda, beribukota di Pajajaran yang terletak sekitar 40 km di pedaaman, dekat dengan Kota Bogor saat ini.

Bangsa Portugis menjadi rombongan besar orang Eropa yang menginjakkan kaki ke Kalapa. Muncul Fatahillah, pemuda dari kerajaan tetangga Kalapa. Ia lah yang mengubah nama Sunda Kalapa menjadi Jayakarta pada 22 Juni 1527.

Tanggal tersebut kemudian ditetapkan sebagai hari lahir Jakarta. Di akhir abad ke-16, datanglah orang-orang Belanda yang menguasai Jayakarta dan menjajah Tanah Air hingga tiga abad kemudian.

Baca selanjutnya: Jakarta Saat Penjajahan Belanda