Untung Rugi Kuliah Online

PinkKorset.com – Harus ke kampus tapi jalanan lagi macet, belum lagi materi kuliah yang entah dimana. Kalau ikut kuliah online, mungkin Anda tidak bakal serepot ini.

Ya. Saat ini banyak hal bisa dilakukan dengan mengandalkan teknologi internet. Tidak hanya belanja atau bekerja, kuliah pun kini banyak yang menawarkan sistem online.

Setidaknya, ada tiga keuntungan kuliah online. Apa saja?

Hemat
Kuliah konvesional biasanya membutuhkan lebih  banyak pengeluaran. Entah untuk transportasi atau buku panduan. Terlebih jika Anda kuliah di luar negeri, yang harus ditambah dengan biaya hidup. Dengan kuliah online, Anda tentu bisa jauh lebih berhemat untuk pengeluaran ini.

Fleksibel
Kuliah online juga lebih fleksibel. Anda bisa melakukan kuliah dimana saja, baik di rumah, kantor, perpustakaan, restoran, atau pun tempat lainnya. Pada akhirnya, kondisi ini akan membuat Anda lebih menghemat waktu, bukan?

Variatif
Dilihat dari metode pembelajaran, kuliah online akan lebih bervariasi karena dosen bisa memberikan materi kuliah tidak hanya dalam bentuk tulisan tetapi juga dalam bentuk gambar atau video. Ini akan memungkinkan daya nalar memahami materi kuliah lebih cepat.

———

Bentuk interaksi dalam perkuliahan online bisa bermacam-macam.  Misalkan dalam pertemuan langsung, dimana dosen hanya memberikan pertanyaan dan mahasiswa mencari jawabannya sendiri.

Ada juga video conference, dimana dosen memberi materi sedangkan mahasiswa bersifat pasif, hanya sebagai pendengar.

Lalu ada interaksi yang bersifat kelompok, yakni ruang diskusi bagi mahasiswa dengan teman satu tim guna membahas tugas kelompok. Kemudian personal room, yakni pertemuan antarmahasiswa.

Interaksi dengan dosen secara pribadi untuk mendiskusikan materi kuliah juga biasanya disediakan berupa meet the lecture.

Sistem penilaian perkuliahan online pun bervariasi untuk tiap kampus. Namun, umumnya ada empat komponen penilaian. Pertama, nilai UAS dan UTS, tugas personal, tugas kelompok serta keaktifan dalam kuliah online, yakni bagaimana mahasiswa itu menjawab pertanyaan dosen dalam forum diskusi.

Di Indonesia, saat ini ada enam perguruan tinggi dengan 30 mata kuliah yang telah memperoleh izin resmi dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) untuk menyelenggarakan kuliah online.

Yakni Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Institut Teknologi Sepuluh November, Universitas Gadjah Mada, STMIK AMIKOM Yogyakarta, dan Universitas Bina Nusantara.

Meskipun terlihat menyenangkan, sebelum memutuskan untuk kuliah online, Anda harus mempertimbangkan beberapa hal berikut.

Gangguan
Suasana belajar dalam ruang kelas, tentu berbeda dengan suasana dalam rumah atau kantor. Banyak hal yang bisa mengganggu konsentrasi belajar ketika Anda sedang kuliah online.

Koneksi Internet
Karena kegiatan belajar mengajar ini berbasis pada teknologi internet, maka koneksi harus dipastikan lancar.

Interaksi
Bagaimanapun sosialisasi secara langsung dibutuhkan, mengingat manusia adalah makhuk sosial. Interaksi yang terjadi dengan teman kuliah ataupun dosen, hanya terjadi via internet. Pastikan Anda mampu berhadapan cukup lama dengan laptop.