Duh, Usia Pasien Diabetes Semakin Muda [pomerenehospital]

Duh, Usia Pasien Diabetes Semakin Muda

PinkKorset.com, Jakarta – Jumlah pasien diabetes semakin muda akibat gaya hidup yang tidak sehat.

Pasien diabetes di Indonesia paling banyak terkena diabetes tipe 2 (90%) yang didominasi usia dewasa. Sementara diabetes tipe 1 menyerang anak-anak (kurang dari 10%). Sisanya pasien diabetes gestasional dan tipe lainnya.

Kepala Divisi Metabolik Endokrin Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI/RSCM, dr. Em Yunir, SpPD-KEMD mengatakan, pola pasien diabetes semakin muda.

Ia membandingkan 20 tahun lalu, banyak orang terserang diabetes pada usia 40-50 tahun. Kini, usia 25-30 tahun banyak positif diabetes.

“Ini disebabkan faktor gaya hidup tidak sehat. Pola makan yang buruk dan kurang olah raga menjadi pemicunya,” kata dr. Em Yunir dalam jumpa pers Sun Life Financial Indonesia Membantu Memerangi Diabetes Mellitus di Jakarta.

Dr. Em mengatakan, pasien diabetes tipe 2 paling muda usia 20. Sementara usia 25 sudah sering dijumpai. Ada 10-20 persen pasien diabetes di bawah usia 30.

“Sayangnya banyak orang tidak tahu dirinya terkena diabetes. Nanti mulai banyak terlihat pada usia 30-40 tahun,” kata dr. Em.

Sementara itu, Indonesia menempati peringkat 7 dunia untuk kasus diabetes dengan jumlah 8,5 juta pasien pada 2013. Menurut International Diabetes Federation, jumlah ini diprediksi meningkat menjadi 14,1 juta pasien  pada 2035.

Selain itu, November diperingati sebagai Bulan Diabetes Internasional 2015.

Sejalan dengan hal ini, PT Sun Life Financial Indonesia bekerjasama Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo mendirikan poliklinik edukasi terpadu diabetes mellitus untuk pasien dan keluarga mereka agar terhindar komplikasi.

Presiden Direktur PT Sun Life Financial Indonesia, Elin Waty mengatakan, poliklinik ini diharapkan dapat mendukung penanganan pasien diabetes lebih baik.

“Hal ini juga mengedukasi pasien dan keluarga memahami serta mengatasi diabetes secara mandiri,” kata Elin pada kesempatan yang sama.

Sementara itu, Bulan Diabetes Internasional 2015 juga diperingati dengan Jakarta Diabetes Meeting 2015 (14-15 November 2015) dan Jakarta Diabetes Walk di Parkir Selatan Gelora Bung Karno, Jakarta (15 November 2015).