Dunia Menyambut Earth Hour [guardian]

Dunia Menyambut Earth Hour

Pinkkorset.com – Ratusan juta orang akan berpartisipasi dalam kegiatan Earth Hour (Jam Bumi) kali ini.

Sekretaris Jendral (Sekjen) Persatuan Bangsa Bangsa (PBB), Ban Ki-moon mengatakan, aksi yang dilakukan dalam rangka penghematan energy dan mencegah perubahan iklim dunia, diwujudkan dengan tidak menyalakan lampu selama satu jam pada Sabtu (28/3/2015).

Seluruh lampu di berbagai gedung di dunia akan dimatikan pada pukul 08.30 malam, sekaligus menyambut kampanye penyelamatan pemanasan iklim global di tahun yang ke sembilan. Dalam keterangan resminya di tayangan video, Ban mengatakan jumlah partisipan yang ikut aksi untuk mematikan lampu sejenak terus meningkat.

“Perubahan iklim menjadi masalah bersama masyarakat di dunia. Orang-orang yang menciptakan perubahan iklim sendiri dan mereka sendiri yang menderita karena perubahan iklim. Orang-orang dapat merubah semua itu. Desember ini di Paris, PBB dan negara-negara anggota setuju dan penting untuk berpartisipasi dalam aksi penyelamatan lingkungan,” ujar Ban.

Lebih dari 7.000 kota di 172 negara akan berpartisipasi dalam kampanye penyelamatan lingkungan terbesar di dunia yang tumbuh dari sekedar kegiatan World Wildlife Fund (WWF) yang dilaksanakan di Sydney, Australia, 2007 silam.

“Earth Hour menunjukkan bahwa sangat mungkin semua orang bersatu dan beraksi untuk menyelamatkan bumi ini. Tidak ada aksi individu yang kecil jika dilakukan bersama-sama. Sekaranglah adalah waktu yang tepat untuk melakukannya,” ujar Ban.

“Perubahan iklim bukan masalah untuk satu jam saja, tetapi ini adalah isu generasi kita. Lampu atau listrik mungkin hanya mati satu jam saja, tapi aksi yang dilakukan sepanjang tahun akan merubah itu semua,” ujar Sudhanshu Sarronwala, ketua pelaksana Earth Hour.

Sejumlah ikon tiap negara dan kota-kota di dunia akan berpartisipasi di Earth Hour. Sebut saja Markas PBB di New York, Gedung Parlemen di London, Patung Yesus di Rio de Janeiro, dan Menara Eifel di Paris. Indonesia juga berpartisipasi dalam kegiatan Earth Hour. Bahkan gedung pencakar langit di Jakarta sudah sepakat untuk ikut mematikan lampu selama satu jam hari ini.