Kocaknya Spionase AS & Rusia

PinkKorset.com, Jakarta – Apa jadinya bila agen mata-mata Amerika Serikat dan Rusia yang saling berseteru, terpaksa bekerja sama menggagalkan aksi kelompok kriminal internasional?

Agen CIA Napoleon Solo (Henry Cavill) dari AS dan agen KGB Illya Kuryakin (Armie Hammer) dari Rusia terpaksa bahu membahu. Padahal di era 1960-an sebagaimana setting film ini, kedua negara tersebut sedang bersaing ketat dan saling memata-matai di bidang spionase.

Mereka adu kebolehan saat kedua negara sama-sama mencari Gaby Teller (Alicia Vikander), perempuan yang diduga anggota Nazi namun memihak AS saat Perang Dunia 2. Gaby berada di Berlin Timur, ketika Solo dan Kuryakin mencarinya.

Paman Gaby, Rudi (Sylvester Groth), bekerja di perusahaan milik Alexander (Luca Calvani) dan Victoria Vinciguerra (Elizabeth Debicki), pasutri simpatisan Nazi. Pasangan Vinciguerra memanfaatkan ayah Gaby, Udo (Christian Berkel), untuk membuat senjata.

Solo dan Kuryakin terpaksa bekerjasama, karena kedua pemerintah sepakat mereka harus menghentikan pasangan Vinciguerra. Mereka pun dikirim ke Roma. Solo sebagai kolektor flamboyan dari Amerika, sedangkan Kuryakin dan Gaby sebagai pasangan suami istri.

Hal-hal kocak terjadi saat mereka pamer kebolehan dan teknologi masing-masing negara. Tipikal Rusia, Kuryakin agak kaku dan selalu mengomel. Sementara Solo yang sangat Amerika, kadang terlalu santai dan sok yakin.

Masalah muncul ketika ada kemungkinan Gaby adalah agen ganda dan memusuhi kedua laki-laki tersebut. Apa yang sebenarnya terjadi dan bagaimana mereka mengatasinya?

The Man from U.N.C.L.E diangkat dari serial televisi produksi MGM dengan judul yang sama pada 1964, garapan Sam Rolfe. Meski jalan ceritanya agak serius, unsur komedi membuat segalanya ringan dan tak membosankan.

Film bernuansa retro, kriminal, komedi dan penuh teka-teki sudah menjadi gaya sutradara Inggris, Guy Ritchie. Lihat saja beberapa karyanya seperti Lock, Stock and Two Smoking Barrels (1998), Snatch (2000), dan Sherlock Holmes (2009).

Di tangan Ritchie, visualisasi jaman Perang Dingin disuguhkan dengan nikmat. Tak hanya kostum, gadget, dan desain arsitektur saja. Nuansa 1960-an hidup dengan tata visual video yang berkabut dan blurry.

Yuk! Segera saksikan film ini bioskop-bioskop kesayangan Anda.

The Man From U.N.C.L.E

Sutradara: Guy Ritchie

Produser: John Davis, Steve Clark-Hall, Lionel Wigram, Guy Ritchie

Skenario: Jeff Kleeman, David Campbell Wilson, Guy Ritchie, Lionel Wigram

Pemain: Henry Cavill, Armie Hammer, Alicia Vikander, Elizabeth Debicki, Jared Harris, Hugh Grant

Produksi: Ritchie/Wigram Productions, Davis Entertainment

Distribusi: Warner Bros. Pictures