Hati-Hati Menikmati Barbekyu [naijabizideas]

Hati-Hati Menikmati Barbekyu

PinkKorset.com, Jakarta – Makan daging bakar memang nikmat. Tapi dibalik itu, zat pemicu kanker menghantui Anda.

Memang, membakar makanan adalah alternatif cara memasak yang lebih sehat ketimbang goreng. Makanan yang digoreng akan menambah kalori dan memicu munculnya lemak jahat.

Tapi membakar makanan tidak selamanya menjadi cara yang baik untuk menghasilakn hidangan sehat. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Membakar makanan hingga gosong akan menghasilkan zat berbahaya. Sebab daging yang dibarbekyu sampai gosong, itu tidak baik.

“Gosong ini adalah protein yang berubah jadi zat karsinogen, pemicu kanker. Enggak boleh dikonsumsi terlalu sering,” kata Emilia Achmadi, Clinical Dietitian, Food & Nutrition Expert saat dijumpai di acara Jakarta Food Editors Club ke-14, Jakarta, Jumat (13/3/2015) lalu.

Tak hanya itu, makanan yang dibakar di atas arang juga tidak baik. Arang yang terkena lemak atau minyak dari makanan akan menghasilkan unsur benzene yang bersifat karsinogen.

“Ini sangat meradang di tubuh, mengganggu pertumbuhan sel dan multiplikasi sel,” ujar Emilia menjelaskan.

Lemak yang menetes di bara api akan menghasilkan asap benzene tersebut dan mencemari makanan. Sebaiknya, kurangi atau hindari makanan yang dibakar di atas arang.

“Saat ini sudah ada alat panggang yang daging dan asapnya tidak bertemu,” ucap Emilia menyarankan pemilihan alat panggang.