Inikah Pesaing Siri? [mashable]

Inikah Pesaing Siri?

PinkKorset.com – Asisten pribadi di gadget iOS ini akhirnya mendapat pesaing ketat. Siapa dia?

Google menghadirkan dua ponsel terbarunya, Pixel dan Pixel XL. Kedua ponsel dengan body biasa saja ini merupakan satu-satunya yang dibekali Google Assistant, asisten digital yang mempelajari dan mencoba mengantisipasi kebutuhan pengguna.

Google Assistant tampaknya saat ini sedang menjadi primadona raksasa teknologi penciptanya. Seperti Siri yang lekat dengan pengguna iOS, mereka ingin Google Assistant menjadi pusat gadget bikinan mereka.

Situs Mashable melakukan review terhadap Google Assistant. Bahkan menyebutnya lebih baik ketimbang Siri maupun Cortana, asisten digital untuk gadget Microsoft. Mengapa demikian?

  1. Mengerti Bahasa Inggris dengan Lebih Baik

Saat diuji, Google Assistant tak kesulitan mengerti Bahasa Inggris sehari-hari dan bahkan bisa membenarkan dirinya ketika si pengguna memutuskan untuk mengubah permintaannya di tengah pembicaraan.

Siri, meski sudah lebih baik ketimbang lima tahun lalu, masih kesulitan mengenali kata-kata si pengguna. Hal ini tentunya lebih buruk jika Anda bukan native speaker Bahasa Inggris sehingga memiliki aksen saat berbicara.

Google Assistant tak memiliki masalah dengan aksen. Saat ini, Google Assistant bisa digunakan dalam Bahasa Inggris dan Hindi. Google berjanji akan terus menambahkan bahasa lainnya di masa mendatang.

  1. Menjawab dengan Lebih Baik

Tak bisa dipungkiri jika Google adalah mesin pencari terbaik saat ini. Menggunakan Google Assistant sama seperti menggunakan search engine tersebut, hanya saja Anda berbicara. Saat diuji dengan pertanyaan, “How old is the Taj Mahal,” Google Assistant bisa menjawabnya sementara Siri hanya menunjukkan lokasinya.

  1. Penerjemah Universal

Tak perlu membuka Google Translate atau aplikasinya. Gunakan Google Assistant dan awali dengan kalimat, “Translate … (kata/frasa yang diinginkan) in … (bahasa yang diinginkan)”. Hasil instan langsung muncul di layar Anda.

  1. Temukan Video YouTube

Tak heran, karena YouTube memang milik Google. Tetap saja, Anda bisa menikmati mudahnya mencari video YouTube dengan meminta Google Assistant dan mengawalinya dengan kata-kata, “Show me … (video yang diminta)”. Siri agak kesulitan dengan perintah ini dan malah membuka lagu dari iTunes.

  1. Event Mendatang

Ingin mencari acara menyenangkan yang bisa Anda datangi tanpa perlu repot-repot ‘merisetnya’? Google Assistant, menurut Mashable, bisa melakukan hal ini dengan baik. Pencarian akan dilakukan berdasarkan lokasi dan zona waktu. Muncul pilihan konser atau pameran yang bisa didatangi. Sedangkan pencarian Siri menampilkan artikel-artikel yang masih harus disortir lagi satu per satu.

  1. Perintahkan Selfie

Katakanlah Anda bertemu Kim Kardashian dan hanya punya beberapa detik untuk mengambil selfie. Google Assistant bisa membantu. Saat diminta mengambil selfie, aplikasi kamera otomatis diluncurkan dengan timer tiga detik dan mengambil selfie yang Anda minta. Siri hanya meluncurkan aplikasi dan mengubahnya ke kamera depan tanpa menjepret foto.

  1. Mencari Aplikasi

Google Assistant memiliki semua kemampuan Google Now on Tap. Artinya, bisa mencari di layar untuk menampilkan informasi terkait. Informasi itu disertai gambar, tautan (link), video, dan banyak lagi. Siri, sayangnya, tak memiliki kemampuan untuk melakukan pencarian dalam konteks seperti itu.