Hati-hati Konsumsi Vitamin A Dosis Tinggi [pomgen]

Hati-hati Konsumsi Vitamin A Dosis Tinggi

PinkKorset.com, Jakarta – Vitamin A dikenal dengan banyak kebaikannya. Namun, mengonsumsi berlebih ternyata berbahaya bagi tubuh.

Vitamin A memiliki beragam manfaat, seperti menjaga kesehatan mata, melindungi tubuh dari infeksi bakteri dan virus dan meningkatkan sistem imun.

Kendati memiliki seabrek manfaat, Dokter Spesialis Gizi Klinik Dr. dr.  Samuel Oetoro, MS, Sp.GK(K) mengingatkan, konsumsi vitamin A tidak boleh berlebihan.

Menurutnya, vitamin akan bekerja optimal bila dikonsumsi dalam dosis rendah secara teratur. Konsumsi vitamin A secara berlebih dapat menyebabkan rusaknya beberapa organ tubuh. “Konsumsi vitamin berlebihan dalam jangka waktu lama merusak hati dan tulang,” katanya di Jakarta, baru-baru ini.

Dr. Samuel menambahkan, kebutuhan vitamin A pada orang dewasa hanya 1.000 IU per hari. Sementara ibu hamil dapat mengonsumsi vitamin A lebih tinggi, yakni 2.565 IU. Ia pun menyarankan, konsumsi vitamin A tidak boleh lebih dari 10 ribu IU per hari.

Sementara konsumsi pro-vitamin A, yakni betakaroten dalam dosis tinggi justru dinilainya tidak berbahaya. Hanya saja beberapa bagian tubuh akan terlihat menguning akibat penumpukan karotenoid.

“Konsumsi betakaroten 30 mg per hari selama satu bulan akan membuat telapak kaki dan tangan serta mata menjadi kuning. Tapi ini hanya sementara, bila dihentikan akan kembali normal,” ujar Dokter yang berpraktik di MRCCC Siloam Hospital Semanggi ini.

Seperti diketahui, betakaroten dikenal sebagai antioksidan yang mampu mengurangi risiko kanker.