Ingin Hamil? Hindari Kafein [plos]

Ingin Hamil? Hindari Kafein

PinkKorset.com – Perempuan yang mengonsumi kafein secara rutin hingga dua kali sehari, menurut sebuah riset, ternyata meningkatkan risiko keguguran.

Risiko keguguran ini akan meningkat jika perempuan yang belum hamil dan ingin mengandung, meminum setidaknya dua porsi kopi setiap hari. Minum kopi saat usia kehamilan masih sangat muda, juga berisiko menggugurkan kandungan.

Para peneliti Ohio State University dan National Institute of Health juga menemukan, selain konsumsi kafein, penggunaan multivitamin dapat secara signifikan mengurangi risiko kehamilan jika dikonsumsi sebelum hamil.

Direktur Division of Intramural Population Health Research di National Institutes of Health Dr. Germaine Buck Louis mengatakan, temuan mereka juga mengindikasikan apa yang dilakukan pasangan lelaki para perempuan ini juga berpengaruh.

“Jika sebelum menghamili pasangannya para lelaki ini mengonsumsi kafein secara rutin, juga memiliki efek menggugurkan kandungan sebagaimana para perempuan,” kata Dr. Germaine Buck Louis.

Studi ini melibatkan 344 pasangan yang diminta mencatat konsumsi rokok, minuman kafein dan beralkohol, serta multivitamin. Periset mencatat keguguran berdasarkan hasil tes kehamilan negatif, terjadinya menstruasi, dan konfirmasi keguguran dari klinik.

Dari pasangan yang dipantau, 28% mengalami keguguran. Risiko keguguran mencapai 74% pada perempuan dan 73% laki-laki berdasarkan konsumsi minuman kafein.

Jika perempuan mengonsumsi multivitamin sebelum kehamilan dan terus dilanjutkan hingga beberapa pekan pertama kehamilan, risiko kehamilan turun 55%.

Namun begitu, riset ini juga membuktikan tak ada hubungan sebab-akibat secara langsung antara konsumsi kafein dengan risiko keguguran.