Tangani Kanker Nasofaring Secara Menyeluruh [shutterstock]

Tangani Kanker Nasofaring Secara Menyeluruh

PinkKorset.com, Jakarta – Menangani kanker nasofaring membutuhkan penanganan secara sistemik oleh berbagai ahli dari disiplin ilmu.

Spesialis Penyakit Dalam RS Kanker Dharmais dr. Asrul Harsal, SpPD-KHOM mengatakan, setiap pasien kanker nasofaring (KNF) memerlukan pengobatan yang berbeda.

“Pengobatannya harus sistemik berdasarkan jenis, sifat dan stadium kanker,” katanya saat jumpa pers Pengobatan Paripurna Kanker Nasofaring Sahid Sahirman Memorial Hospital di Jakarta, baru-baru ini.

Pengobatan sistemik merupakan pemberian obat kanker, dapat berupa suntikan melalui pembuluh darah vena maupun arteri, suntikan di bawah kulit serta obat minum. Tindakan ini bertujuan membunuh sel kanker yang berada di darah, organ terkait, kelenjar getah bening maupun organ lain yang  terkena.

Selain itu, pengobatan sistemik diberikan oleh dokter spesialis onkologi berupa kemoterapi, terapi target dan terapi hormonal.

Dr. Asrul menambahkan, penatalaksanaan KNF dapat mencakup terapi radiasi, kemoterapi, kombinasi keduanya dan didukung dengan terapi simptomatik sesuai gejalanya.

“Selain itu, KNF harus ditangani ahli dari berbagai multidisiplin ilmu,” katanya lagi.

Beberapa ahli yang perlu terlibat dalam penanganan kanker ini antara lain, ahli THT-KL, radiodiagnostik, patologi anatomi, radioterapi, hematologi onkologi medik, rehabilitasi medik, gizi, dokter gigi dan mulut, syaraf, mata serta perawatan paliatif.