8 Makanan Penurun Kolesterol [netdoctor]

8 Makanan Penurun Kolesterol

PinkKorset.com – Bila Anda memiliki kadar kolesterol tinggi sebaiknya memasukan delapan makanan dalam diet untuk menyeimbangkannya.

Kolesterol tinggi (hiperkolesterolemia) menyebabkan pengendapan kolesterol di pembuluh darah. Kondisi ini meningkatkan risiko terkena penyempitan arteri (aterosklerosis), serangan jantung hingga stroke.

Senyawa lemak berlilin ini sebenarnya diproduksi hati untuk membangun sel-sel baru, membantu produksi vitamin D, hormon dan asam empedu untuk mencerna lemak.

Kolesterol berlebih terjadi disebabkan beberapa faktor, seperti genetik, kurang olahraga hingga makanan. Namun, tidak semua makanan memicu kolesterol. Ada pula makanan yang dapat menurunkan kolesterol secara alami.

Salmon dan ikan berlemak

Tidak seperti seafood jenis udang, kerang, lobster dan kepiting yang memicu kolesterol tinggi. Ikan-ikan berlemak tinggi, termasuk salmon, sardine dan herring justru menurunkan kolesterol karena mengandung asam lemak Omega-3. Penelitian Loma Linda University, AS menemukan Omega-3 pada ketiga ikan tersebut dapat menekan kadar kolesterol jahat (LDL) menjadi kolesterol baik (HDL) sebanyak 4%. Sehingga asam lemak ini banyak diformulasikan pada produk suplemen untuk mencegah penyakit jantung dan demensia.

Teh

Kebiasaan minum teh ternyata baik untuk kesehatan karena kandungan antioksidannya dapat menangkal kanker dan LDL. Tentu saja Anda hanya menyeruput teh murni bukan minuman teh olahan. Departemen Pertanian AS (USDA) menemukan teh hitam ampuh menurunkan lemak darah hingga 10% dalam tiga pekan. Sehingga teh ini membantu mengurangi risiko penyakit jantung koroner.

Cokelat

Penelitian yang dipublikais di AJCN (2007) menyimpulkan orang yang menyantap cokelat bubuk lebih dari 12 pekan dapat meningkatkan HDL sebanyak 24%. Anda bisa memilih dark chocolate dan bittersweet chocolate karena mengandung tiga kali antioksidan ketimbang milk chocolate.

Bawang putih

Salah satu bumbu dapur ini terbukti menurunkan kolesterol jahat, mencegah pembekuan darah, menurunkan tekanan darah dan melindungi tubuh dari infeksi. Penelitian terakhir menemukan bawang putih membantu menghentikan plak yang menyumbat arteri pada tahap awal dengan mencegah partikel kolesterol menempel di dinding arteri.

Avokad dan minyak zaitun

Minyak zaitun dan avocado kaya kandungan asam lemak tak jenuh tunggal yang meningkatkan HDL dan menurunkan LDL. Bahkan dapat memengurangi lemak perut.

Oats

Mengganti sarapan Anda dengan oat selama enam pekan dapat menurunkan LDL hingga 5,3%. Kemampuan oat ini berkat kandungan beta-glucan yang dapat menyerap LDL dan membuangnya melalui BAB.

Walnut

Penelitian yang dipublikasi dalam American Journal of Clinical Nutrition menemukan orang yang mengudap walnut utuh sebanyak 425 gram selama 6 hari sepekan selama satu bulan dapat menurunkan kolesterol total 5,4% dan LDL 9,3%

Bayam

Sayuran ini kaya kandungan lutein atau zat warna kuning terang pada daun hijau tua dan kuning telur. Zat warna alami ini dikenal dengan kemampuan degenerasi makular pemicu kebutaan. Namun, para peneliti menyarankan konsumsi ½ cangkir makanan dengan tinggi lutein  setiap hari untuk menghindari kolesterol menyumbat pembuluh darah.