Bangkit Setelah 25 Tahun Vakum [nostalgicbits]

Bangkit Setelah 25 Tahun Vakum

PinkKorset.com – Benda yang satu ini sempat berhenti diproduksi 25 tahun lalu. Namun ia bangkit dan menjadi sebuah koleksi retro.

Untuk pertama kalinya selama 25 tahun terakhir, produsen alat pemutar musik Crosley memutuskan untuk kembali retro dan memproduksi jukebox vinyl. Produk bernama Rockey Vinyl Jukebox CR1209A yang memiliki sentuhan modern ini akan menjadi satu-satunya.

Jukebox klasik dan stylish ini berkilau dalam perpaduan warna gold dan chrome. Bagian atasnya terdapat kaca sehingga pengguna bisa melihat player-nya bergerak setelah memilih piringan hitam yang akan diputar.

Bangkit Setelah 25 Tahun Vakum

Mesin ini menampung 70 piringan hitam (PH) tujuh inci dan memutar 140 lagu berbeda. Selain memecent langsung tombol jukebox, disediakan pengendali jarak jauh (remote control). Terdapat mode shuffle yang memutar lagu secara acak.

Tak punya PH tujuh inci? Jukebox ini bisa berfungsi sebagai speaker yang terhubung dengan gadget via Bluetooth atau kabel auxiliary. Anda akan melihat dua speaker di bagian tengah depan, dua tweeter, serta speaker cone bass ganda berukuran 12 inci.

Bangkit Setelah 25 Tahun Vakum

Suaranya tak seperti Jukebox jadul. Edisi modern ini menghasilkan lantunan hangat dan kuat, sesuatu yang jarang dimiliki pemutar PH. Tentunya, segala fitur ini berarti benda klasik ini dihargai mahal.

Harga ritelnya saat ini sebesar US$11.995 atau sekitar Rp160,5 juta. Sepertinya juga tak mudah jika ingin membeli satu. Sebanyak 16 unit siap dipasarkan pada April-Mei tahun ini. Jadi jika Anda berminat, sebaiknya segera memesannya.

Bangkit Setelah 25 Tahun Vakum

Crosley juga berniat membuat jukebox lain untuk mengakomodasi rekaman 45 rpm yang lebih besar, bukan 33 ⅓ rpm seperti edisi yang satu ini. Di era streaming seperti saat ini, penjualan vinyl semakin naik karena banyak orang menggemari barang klasik.

April lalu, Fortune melaporkan penjualan rekaman PH berada pada level tertingginya selama 28 tahun terakhir. Di Inggris (UK) saja, penjualan PH naik 53% pada 2016 dibandingkan tahun sebelumnya.