Olahraga Ringan Pengusir Bosan

PinkKorset.com – Salah satu cara mengusir kebosanan di tengah pandemi adalah dengan melakukan aktivitas fisik.

Melakukan karantina mandiri di rumah saat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) memang kerap menimbulkan rasa jenuh.  Untuk mengatasinya, lakukan aktivitas fisik yang menyenangkan sekaligus menyehatkan, salah satunya olahraga ringan.

Tidak perlu jauh-jauh. Cukup berlari atau berjalan di sekitar rumah.

Melakukan aktivitas fisik secara rutin dapat membawa manfaat seperti menurunkan tekanan darah tinggi, menjaga berat badan, dan mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, diabetes tipe-2, serta beberapa jenis kanker.

Aktivitas fisik bahkan dapat membantu meningkatkan kesehatan mental, menurunkan risiko depresi, penurunan fungsi kognitif, dan mencegah terjadinya demensia alias penurunan daya ingat.

Berikut tiga olahraga ringan yang bisa Anda lakukan.

  1. Jogging di kompleks rumah

Jogging adalah salah satu olahraga yang bisa dilakukan hampir dimana saja. Melakukannya pun tidak perlu lama-lama. Cukup 20-30 menit setiap pagi atau sore hari. Jogging yang dilakukan secara rutin dapat membuat tubuh terasa bugar daripada sebelumnya. Menggunakan masker saat jogging masih direkomendasikan saat pandemi, asalkan olahraganya tidak memiliki intensitas tinggi.

  1. Naik Turun Tangga

Jika merasa kurang nyaman keluar rumah, Anda bisa melakukan aktivitas naik-turun tangga. Tidak berbeda dengan jogging, olahraga ini bisa meningkatkan detak jantung, memperbesar masa otot tubuh bagian bawah, serta meningkatkan stamina. Dengan melakukan olahraga ringan ini, Anda tidak akan merasa mudah lelah, mesti sudah beraktivitas seharian penuh.

  1. Main Skipping

Skipping juga bisa menjadi alternatif olahraga ringan di rumah. Selain membantu memelihara kesehatan jantung, aktivitas lompat tali ini juga bisa menurunkan berat badan. Menarik, bukan?

 

Agar lebih bersemangat saat berolahraga, Anda bisa memutar musik dengan tempo yang tepat.

Mengutip dari Huffington Post, mendengarkan musik selama berolahraga akan meningkatkan kemampuan atletik hingga 15 persen. Selain itu, pikiran jadi lebih fokus dan aktivitas olahraga yang kamu lakukan terasa lebih mengasyikkan. Mau coba?