Kelola Diabetes Mellitus Lewat Aplikasi Ini [healthcareasia]

Kelola Diabetes Mellitus Lewat Aplikasi Ini

PinkKorset.com, Jakarta – Kini masyarakat dan pasien diabetes mellitus dapat mendapatkan informasi lengkap penyakit gula darah ini melalui aplikasi CekGulaKu di ponsel.

Ahli Endokrin dan Diabetes dari Perkumpulan Endokrinologi Indonesia, dr. Roy Panusunan Sibarani, SpPD-KEMD menjelaskan, banyak pasien DM di Indonesia berobat pada stadium lanjut akibat kurangnya informasi penyakit ini.

“Hanya 32% pasien diabetes (diabetesi) yang memiliki kadar komponen minor hemoglobin yang berkaitan glukosa (HbA1c) di bawah 7 atau normal. Sementara 68% out of control,” ucapnya saat peluncuran aplikasi CekGulaKu di Jakarta, Senin (29/5/2017).

Dr. Roy menambahkan, saat ini 1 dari 11 orang di Indonesia adalah pasien diabetes. Penyakit tidak menular sangat berbahaya karena terkait banyak komplikasi yang menurunkan kualitas hidup pasien hingga berujung kematian.

Kelola Diabetes Mellitus Lewat Aplikasi Ini

Melihat kondisi ini,  Kementerian Kesehatan dan PT Boehringer Ingelheim Indonesia meluncurkan aplikasi mobile, CekGulaKu. Aplikasi gratis ini berisi informasi lengkap DM tipe 2 dan rekomendasi gaya hidup sehat.

Terdapat empat fitur utama, antara lain Tes Risiko, Artikel informasi dokter ahli DM, Rekomendasi Menu Makanan dan Aktivitas Fisik. Ada pula fitur lain yang membantu pasien DM mengelola penyakitnya. Misalnya pencatat kadar gula darah, pemesanan obat melalui online, pengingat waktu makan, konsumsi obat serta aktivitas fisik.

Medical Director PT Boehringer Ingelheim Indonesia, Mary Josephine mengatakan, aplikasi gratis ini bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap DM sehingga mampu mengatur pola hidup sehat.

“Harapannya angka kematian akibat penyakit tidak menular, khususnya DM tipe 2 terus turun,” pungkasnya.