Manfaat Konsumsi Kulit Pisang [greennews]

Manfaat Konsumsi Kulit Pisang

PinkKorset.com – Bila selama ini Anda membuang kulit pisang, sebaiknya kini dipertimbangkan. Pasalnya bagian tersebut memiliki banyak manfaat kesehatan.

Ternyata kulit pisang bukan sekadar ampas. Bagian ini memiliki nutrisi dan senyawa yang bermanfaat melindungi kesehatan Anda. Misalnya saja kandungan vitamin A dan lutein yang melindungi mata dari katarak dan degenerasi makula.

Kulit pisang juga mengandung tryptophan atau senyawa awal (prekursor) pembentuk hormon melatonin, serotonin dan vitamin B3 (niasin). Selain itu, bagian tersebut diperkaya hormon serotonin yang meningkatkan suasana hati. Efeknya semakin kuat pada pisang matang.

Kandungan phytochemical tinggi seperti polifenol dan karotenoid pada kulit pisang bermanfaat sebagai antioksidan. Senyawa ini membantu melawan kanker. Kulit pisang juga tinggi potasium yang menyeimbangkan kadar cairan dan elektrolit tubuh. Sehingga detak jantung Anda teratur dan mencegah penyakit jantung.

Bahkan mengonsumsi kulit pisang membantu menurunkan berat badan. Bagian yang tak lazim dikonsumsi ini mengandung serat larut dan tidak larut yang sangat tinggi. Serat tersebut memperlambat pencernaan, memberikan rasa kenyang lebih lama dan menurunkan kolesterol jahat.

Bila Anda belum terbiasa menyantap kulit pisang secara langsung, bisa mencoba diolah menjadi smoothies. Sebaiknya Anda menyantap kulit pisang matang dan membersihkannya terlebih dahulu. Masihkah Anda rela membuang kulit pisang?